-->

Angelika Batfutu Ajak Cintai Tenun Ikat Tanimbar

Angelika Batfutu Ajak Cintai Tenun Ikat TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Miss Grand Maluku 2018, Angelika Batfutu yang mewakili Provinsi Maluku dalam ajang kontes kacantikan bergengsi nasional, Miss Grand Indonesia 2018 mengajak masyarakat tanimbar untuk mencintai kain tenun ikat, yang merupakan ciri khas dari Kepulauan Tanimbar sendiri.

“Sebagai warga tanimbar, kalau bukan kita sendiri yang memakai dan mencintai tenun, siapa lagi,” ujar dia kepada Lelemuku.com melalui pesan singkat, pada Selasa (10/7).

Angelika mengatakan tenun ikat tanimbar mempunyai ciri yang sangat khas dengan motif yang beragam. Untuk menenun sebuah kain ikat tersebut, para pengrajin sangat membutuhkan imajinasi yang tinggi.

 “Bagi saya kain tenun tanimbar ini sangat khas karena membuat kain tenun ini membutuhkan imajinasi yang tinggi dan ini tidak memakai pola,” kata dia.

Mahasiswa semester VIII di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Lia Jakarta, Jurusan Bahasa Inggris ini pun mengungkapkan saat Pra Karantina Miss Grand Indonesia 2018, pada Senin (9/7) dirinya memakai syal berwarna hitam pemberian salah satu penenun asal Desa Tumbur, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Mama Olivia Reressy.  

“Saya bersama orangtua didampingi oleh Dinas Pariwisata MTB berkunjung ke desa tumbur, sebab saya ingin mengenal tenun lebih lagi. Syal tenun yang dikasih oleh mama Olivia Reressy saya pakai saat pra karantina. Semua orang suka dan kagum lihat kain tersebut,” ungkap gadis 23 tahun ini. 

Di Kepulauan Tanimbar  kain tenun merupakan sebuah ketrampilan bagi masyarakat sejak dari leluhur mereka. Pada kain tenun terdapat banyak ragam motif, yang menurut masyarakat setempat mengandung nilai-nilai yang bermakna luhur, yang merupakan salah satu jati diri bagi masyarakat di Bumi Duan Lolat itu. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel