-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Toraja Utara


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten :

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Toraja Utara
Kabupaten Toraja Utara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kotanya adalah Rantepao. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja.

Kabupaten Toraja Utara terletak antara 2o35’’ LS – 3o15’’ LS dan 119o – 120’’ Bujur Timur dengan Luas wilayah 1.151,47 km2 terdiri dari Hutan Lindung 47.900 Ha, Hutan Rakyat 5.260 Ha, 12.790,93 Ha, Kebun 14,620 Ha. Permukiman 9.865 Ha dan berada pada ketinggian 704 – 1.646 Meter di atas permukaan air laut.

Bukit, lembah, dan gunung batu mendominasi alam toraja yang ditumbuhi hutan dan persawahan. Mata air dari toraja mengalirkan banyak sungai-sungai ke daerah pesisir Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Kawasan yang kental akan budaya ini, memiliki penduduk berjumlah 247.157 jiwa (2019), berdasarkan data registrasi penduduk oleh Badan Pusat Statistik Toraja Utara 2020.

Suku Toraja adalah salah satu dari empat suku yang terdapat di Sulawesi Selatan. Keempat Suku tersebut, Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. masyarakat Toraja tinggal di Tondok Lepongan Bulan Tondok Matarik Allo sebagai nama negeri mereka sebelum penggunaan nama Toraja oleh para penyiar agama Nasrani.

Suku Toraja mendiami wilayah bagian utara jazirah Sulawesi Selatan yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah. Daerah Tana Toraja berbatasan dengan Kabupaten Luwu di sebelah Timur, Kabupaten Enrekang bagian Selatan, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Polewali, dan bagian utara berbetasan Propinsi Sulawesi Tengah.


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Toraja Utara :