-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kota Tomohon

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kota Tomohon
Kota Tomohon adalah salah satu kota yang ada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota Tomohon berada pada 1°15' Lintang Utara dan 124°50' Bujur Timur.

Sebelum tahun 2003, Tomohon merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa. Dalam perkembangannya, Tomohon mengalami kemajuan, sehingga ada aspirasi dari warga Tomohon untuk meningkatkan status Tomohon menjadi sebuah kota.

Tomohon menjadi daerah otonom (kota) dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara oleh DPR RI, tetapi peresmiannya baru pada tanggal 4 Agustus 2003.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Tomohon tahun 2021, jumlah penduduk kota Tomohon tahun 2020 berjumlah 100.587 jiwa, dengan kepadatan 683 jiwa/km2.

Mayoritas masyarakat Tomohon adalah suku Tombulu, tetapi terdapat pula suku Toutemboan yang mendiami ujung Utara kota Tomohon, tepatnya di Desa Tinoor yang terdiri dari Tinoor Satu dan Tinoor dua. Tomohon juga didiami suku-suku lain, baik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara maupun suku lain di Indonesia.

Gunung Lokon terletak di sebelah barat laut Kota Tomohon dengan ketinggian 1.580 meter. Gunung berapi ini luar biasa aktif. Menyajikan panorama pegunungan dengan kawah yang begitu indah.

Waktu yang tepat untuk memulai perjalanan dari Kakaskasen, Tomohon adalah sekitar jam 7 pagi, dan dapat tiba di kawah pada saat udara pagi masih sejuk.

Gunung Mahawu berada di sebelah timur dan memiliki lereng yang cukup landai dengan ketinggian 1.324 meter. Saat ini sudah terdapat akses jalan menuju ke puncak gunung dan dapat dilalui dengan kendaraan bermotor sekitar 10 menit dari pusat kota dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit sampai ke puncak. Memiliki pemandangan yang menakjubkan dan dapat terlihat beberapa sudut Kota Manado dan BItung di kejauhan.

Danau Linouw terletak 8,5 KM dari pusat kota ini unik karena mengandung kadar belerang yang tinggi. Memiliki warna yang selalu berubah tergantung pada sudut pandang dan pencahayaan danau.

Di sekitar danau ini terdapat satwa endemik berupa burung blibis dan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan “sayok” atau “komo”. Serangga unik yang hidup di air tetapi bersayap dan bisa terbang ini menjadi konsumsi penduduk setempat. Kadang-kadang terdengar kicauan burung burung kecil dan burung putih besar yang melintasi danau.


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kota Tomohon :