-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Nduga

Informasi dan Berita Terbaru dari Kabupaten Nduga
Nduga adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua dengan ibukotanya Kenyam, sebelumnya pernah menjadi bagian dari wilayah administratif Kabupaten Jayawijaya. Kabupaten ini di bentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2008 bersama-sama dengan pembentukan 5 Kabupaten lainnya di Papua.

Kabupaten Nduga mempunyai luas wilayah 2.168 km2 dan batas wilayahnya adalah : sebelah Barat berbatasan dengan Distrik Jila, sebelah Timur berbatasan dengan Distrik Pelebaga dan Wamena, Sebelah Utara berbatasan dengan Distrik Kuyawage, Distrik Balingga, Distrik Pirime dan Makki, sebelah Selatan berbatasan dengan Sawaerma, Asmat. Kabupaten Nduga terbagi dalam 36 desa dan 8 Distrik diantaranya : Distrik Wosak, Distrik Kenyam, Distrik Geselma, Distrik Mapenduma, Distrik Mugi, Distrik Yigi, Distrik Mbua, Distrik Gearek.

Bentang alam Kabupaten Nduga berada di hamparan Lembah Baliem, sebuah lembah aluvial yang terbentang pada areal ketinggian 1500-2000 m.dpl. Temperatur udara bervariasi antara 14,5°C. Dalam setahun rata-rata curah hujan adalah 1.900 mm dan dalam sebulan terdapat kurang lebih 16 hari hujan, musim kemarau dan musim hujan sulit dibedakan. Berdasarkan data, curah hujan terbesar terjadi di bulan maret sedangkan curah hujan terendah terjadi di bulan juli.

Mengunjungi Nduga hanya dapat dilakukan dengan transportasi udara dari Wamena–Nduga PP maupun Timika-Nduga PP dengan menggunakan pesawat perintis jenis Pilatus, Cesna dan Twin Otter.

Nduga juga merupakan surga bagi wisatawan minat khusus yang dalam hal ini adalah wisatawan/turis yang datang untuk melakukan study penelitian tertentu (flora, fauna, sosial budaya dan lainsebagainya) pada kawasan hutan hujan tropis yang masih belum tersentuh oleh perkembangan pembangunan.

Oleh karena terbatasnya sarana dan prasarana penunjang aktifitas pariwisata maka sangat diharapkan anda merencanakan perjalanan anda bersama agen perjalanan lokal dengan seksama.

Nduga merupakan salah satu suku yang mendiami bagian selatan Kabupaten Jayawijaya pegunungan tengah Papua yang termasuk wilayahnya dilindungi (TN Lorentz).

Orang Nduga mulai kontak dengan dunia luar melalui misi Pekabaran Injil dari zending C and MA (Christian and Misionary Aliance) yang di motori oleh keluarga Adrian Van Der Bijl berkebangsaan Belanda-Amerika pada tahun 1963. Sebagai penghargaan misionaris yang pertama kali membuka daerah Nduga memberikan nama dalam bahasa Nduga adalah Ndugamende yang artinya misionaris ini milik kami orang Nduga, istrinya diberi nama Ninmin dalam bahasa Nduga artinya tetap bersama kami.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Nduga :