-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Namibia

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Namibia
Republik Namibia (bahasa Afrikaans: Republiek van Namibië) adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan. Ibu kotanya ialah Windhoek.

Pada akhir abad ke-19 selama penjajahan Eropa, Kekaisaran Jerman mendirikan kekuasaan atas sebagian besar wilayah sebagai protektorat pada tahun 1884. Lalu mulai mengembangkan infrastruktur dan pertanian, dan dipelihara koloni Jerman ini sampai tahun 1915, ketika pasukan Afrika Selatan mengalahkan militernya.

Pada abad ke-20, pemberontakan dan tuntutan perwakilan politik oleh aktivis politik asli Afrika yang menginginkan kemerdekaan mengakibatkan PBB mengasumsi tanggung jawab langsung atas wilayah tersebut pada tahun 1966, tetapi Afrika Selatan mempertahankan dengan aturan de facto.

Pada tahun 1973 PBB mengakui Organisasi Rakyat Afrika Barat daya (SWAPO) sebagai perwakilan resmi rakyat Namibia; partai didominasi oleh suku Ovambo, yang merupakan mayoritas besar di wilayah itu. Setelah perang gerilya berterus-terusan, Afrika Selatan memasang pemerintahan sementara di Namibia pada tahun 1985.

Namibia memperoleh kemerdekaan penuh dari Afrika Selatan pada tahun 1990. Tapi Walvis Bay dan Kepulauan Penguin tetap berada di bawah kendali Afrika Selatan sampai tahun 1994.

Namibia terbagi menjadi 13 wilayah: Caprivi, Erongo, Hardap, Karas, Kavango, Khomas, Kunene, Ohangwena, Omaheke, Omusati, Oshana, Oshikoto dan Otjozondjupa. Gurun Namib yang besar dan kering membuat Namibia menjadi salah satu negara paling tidak padat penduduknya di dunia. Namibia mempunyai stabilitas politik, ekonomi dan sosial yang tinggi.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Negara Namibia :