-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Mimika

Informasi dan Berita Terbaru dari Kabupaten Mimika
Mimika adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua. Ibukota Kabupaten ini terletak di Timika. Dikabupaten ini terletak Distrik Tembagapura dimana tambang emas terbesar di Dunia milik PT. Freeport Indonesia berada di Kabupaten Mimika.

Kabupaten Mimika memiliki luas sekitar 20,039 km2 atau 4,75% dari luas wilayah Provinsi Papua dengan topografi dataran tinggi dan rendah. 
 
Kabupaten Mimika sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Paniai dan Puncak Jaya, sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Arafuru, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Merauke dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Fak-Fak (Papua Barat)

Mimika di diami oleh dua suku asli yaitu suku Amungme yang mendiami wilayah pegunungan dan suku Kamoro diwilayah pantai. Terdapat sebuah bandar udara nasional di Kabupaten ini yaitu Bandara Moses Kilangin. Perjalanan ke Mimika dapat dilakukan dengan Kapal Laut (PELNI) atau dengan menggunakan pesawat terbang jenis boeing dan beberapa pesawat perintis jenis Twin Otter dan Cessna

Kabupaten Mimika terdapat 12 Distrik yaitu : Distrik Mimika Timur Tengah, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Mimika Barat, Distrik Mimika Barat Tengah, Distrik Mimika Barat Jauh, Distrik Mimika Baru, Distrik Kuala Kencana, Distrik Tembagapura, Distrik Agimuga, Distrik Jila, Distrik Jita.

Puncak Carstensz adalah salah satu destinasi favorit di Mimika, walaupun di Papua ada beberapa rute yang dapat dilaluai untuk mencapai puncak ini. Nama Carstensz di ambil dari penemunya yaitu seorang pelaut asal belanda, John Carstensz yang menyaksikan adanya puncak gunung yang tertutup oleh es di negara ekuator. Tidak ada yang percaya dengan pernyataannya. John Carstensz adalah orang eropa pertama yang menyaksikan puncak Carstensz dengan mata kepalanya sendiri.

Taman Nasional Lorentz dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha, merupakan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara dan belum di petakan. Pada tahun 1999 Taman Nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

 Lorentz ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1997, sehingga fasilitas/sarana untuk kemudahan pengunjung masih sangat terbatas dan belum semua obyek dan daya tarik wisata alam di taman nasional ini telah diidentifikasi dan dikembangkan.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Mimika :