-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Malawi

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Malawi
Republik Malawi (bahasa Chichewa: Dziko la Malaŵi, bahasa Inggris: Republic of Malawi) adalah sebuah negara yang terdapat di daratan Afrika bagian selatan. Malawi berbatasan dengan Tanzania di sebelah utara, Zambia di barat laut, dan Mozambik di timur, selatan dan barat.

Danau Malawi yang memanjang di sepanjang perbatasan timur Malawi mencakupi seperlima wilayah negara itu. Asal mula nama Malawi tidak diketahui; nama itu diyakini berasal dari suku di wilayah selatan atau inspirasi dari 'cahaya matahari yang menyinari danau.' Dulu Negara Ini disebut Nyasaland.

Malawi membentang sekitar 520 mil (840 km) dari utara ke selatan dan lebarnya bervariasi dari 5 hingga 100 mil (10 hingga 160 km). Berbatasan dengan Tanzania di utara, Danau Malawi di timur, Mozambik di timur dan selatan, dan Zambia di barat.

Pola vegetasi alami mencerminkan keragaman relief, tanah, dan iklim negara. Savanna (taman berumput) terjadi di daerah dataran rendah yang kering.Hutan Miombo — karakteristik hutan gugur yang jarang dan terbuka di bagian kering Afrika timur — merupakan habitat penting, terutama bagi populasi mamalia besar di negara itu.

Hutan dengan spesies pohon akasia menutupi situs dataran tinggi yang terisolasi dan lebih subur serta tepi sungai. Depresi luas yang tertutup rumput, disebutmadambo (tunggal: dambo ), menandai dataran tinggi. Padang rumput dan hutan cemara ditemukan bersama di dataran tinggi dan di pegunungan Mulanje dan Zomba.

Namun, vegetasi alami Malawi telah diubah secara signifikan oleh aktivitas manusia. Vegetasi rawa telah digantikan oleh spesies pertanian karena rawa telah dikeringkan dan dibudidayakan.

Banyak dari hutan asli telah ditebangi, dan pada saat yang sama, hutan kayu lunak telah ditanam di daerah dataran tinggi.

Kepadatan penduduk yang tinggi dan penanaman intensif di Dataran Tinggi Shire juga menghambat suksesi alami di sana, sementara sumur-sumur telah ditenggelamkan dan sungai dibendung untuk mengairi padang rumput kering untuk pertanian.

Hewan buruan berlimpah hanya di cagar alam, di mana kijang, kerbau, gajah, macan tutul, singa, badak, dan zebra ada; kuda nil hidup di Danau Malawi.

Danau dan sungai di Malawi berisi ratusan spesies dan banyak famili ikan. Danau Malawi sangat terkenal karena keanekaragaman hayatinya yang luar biasa — beraneka ragam spesies ikan menghuni danau, kebanyakan endemik — dan wilayah selatannya, sebagai bagian dari Taman Nasional Danau Malawi, ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1984.

Yang terbanyak Ikan yang umum dan signifikan secara komersial yang ditemukan di Malawi termasuk ikan nila endemik , atau chambo (ikan air tawar yang membangun sarang); lele, atau mlamba ; dan ikan kecil, atau matemba.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Negara Malawi :