-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Luwu

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Luwu
Kabupaten Luwu adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang dalam kurun waktu tiga tahun dimekarkan menjadi tiga daerah strategis, yaitu  Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara  yang kemudian dimekarkan lagi menjadi Kabupaten Luwu Timur dan Kota Palopo.

Kabupaten Luwu memindahkan pusat pemerintahan dari kota Palopo ke Kota Belopa, sejak tahun 2006, seiring ditetapkannya Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2005, dan diresmikan menjadi ibukota sejak 13 Februari 2006.

Letak wilayah Kabupaten Luwu berada pada 2.34'.452 ' - 3.30,302 ' Lintang Selatan dan 120.21.15''2 - 121.43,112 Bujur Timur, dengan batas wilayahnya : Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang,Sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Bone,Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara, dan Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Wajo dan Sidenreng Rappang.

Kabupaten Luwu  memiliki luas 3.000,25 Km2 yang terbagi dalam 227 Desa / Kelurahan dan 21 Kecamatan.

Komoditi unggulan Kabupaten Luwu yaitu sektor perkebunan, pertanian dan jasa. Sektor Perkebunan komoditi unggulannya adalah Kelapa Sawit, Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Kemiri, Lada, Pala, Sagu, dan Vanili. Sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung, Tembakau dan Ubi kayu. Sub sektor jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.

Kabupaten Luwu memiliki wilayah geografis yang unik karena wilayahnya terbagi dua yang dipisahkan oleh sebuah daerah otonom yakni Kota Palopo, adapun daerah yang terpisah tersebut adalah wilayah Walenrang dan Lamasi atau yang juga dikenal dengan sebutan WALMAS.


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Luwu :