-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Labuhanbatu Utara

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Labuhanbatu Utara
Kabupaten Labuhanbatu Utara yang disingkat sebagai Labura adalah kabupaten yang baru dimekarkan dari Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2008 pada 24 Juni 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara, semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ibu kota kabupaten ini terletak di Aek Kanopan.

Salah satu daerah di kabupaten ini, yaitu Tanjung Pasir, pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Kualuh pada masa lampau.

Kabupaten Labuhanbatu Utara terdiri dari 8 kecamatan, 8 kelurahan, dan 82 desa dengan luas wilayah mencapai 3.545,80 km² dan jumlah penduduk sekitar 381.994 jiwa (2020) dengan kepadatan penduduk 108 jiwa/km².

Sebagian besar penduduk Labuhanbatu Utara adalah Suku Jawa dan Suku Batak, yang umumnya adalah Batak Toba, Batak Mandailing dan Batak Angkola. Selebihnya adalah Melayu, Tionghoa, Aceh dan Minang.

Objek wisata di daerah ini diantaranya Air Terjun Matoga, Meranti Omas di Kecamatan Na IX-X, Goa Tapak Tilas, Kuala Beringin di Kecamatan Kualuh Hulu; Puncak Manalese, Aek Buru di Kecamatan Na IX-X; Pante Monyet, Meranti Omas di Kecamatan Na IX-X.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Labuhanbatu Utara :