-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Konawe Utara

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Konawe Utara
Kabupaten Konawe Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kotanya adalah Wanggudu. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Asera.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2007 pada tanggal 2 Juli 2007.

Kabupaten Konawe Utara pada tahun 2015 terdiri atas 10 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 132 desa dan 11 kelurahan.  Kecamatan terluasnya adalah Kecamatan Wiwirano dan kecamatan paling kecil yaitu Kecamatan Motui.

Kabupaten Konawe Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006.

Secara geografis, Kabupaten Konawe Utara terletak pada 2°97' - 3°86' Lintang Selatan dan 121°49' - 112°49' Bujur Timur. Topografi wilayahnya mulai dari kepulauan, pesisir, dataran rendah, hingga pegunungan dengan ketinggian wilayah antara 0-2.400 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Termasuk beberapa pulau di Laut Banda diantaranya yaitu Pulau Labengki Besar, Pulau Labengki Kecil, Pulau Bawulu, Pulau Manui, dan lain-lain.

Kabupaten Konawe Utara memiliki 24 daerah aliran sungai (DAS) dan sungai terbesarnya adalah Sungai Lasolo. Gunung tertingginya adalah Gunung Osu Nondoto (2.421 mdpl).

Kabupaten Konawe Utara memiliki objek wisata yang lengkap mulai dari pantai, pulau, air terjun hingga pemandian air panas mulai dari yang masih alami, fasilitas standar, hingga memiliki resort. 

Sejumlah objek wisata yang terkenal adalah Pulau Labengki, Pantai Taipa, Air terjun Ameseu dan Pemandian Air Panas Wawolesea. Berikut objek wisata di Kabupaten Konawe Utara


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Konawe Utara :