-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Kayong Utara

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Kayong Utara
Kabupaten Kayong Utara adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ibu kota atau pusat pemerintahan terletak di kecamatan Sukadana.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007.

Kabupaten Kayong Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006.

Jumlah penduduk Kayong Utara pada tahun 2021 sebanyak 128.009 jiwa. Kayong Utara memiliki populasi minoritas Tionghoa dengan mayoritas penduduk asli.

Sebagian besar penduduk Tionghoa di Kayong Utara adalah Teochew atau Hakka. Penduduk asli Indonesia yang tinggal di sana sebagian besar adalah keturunan Melayu.

Dalam hal tutur kata, sebagian besar warga Kayong Utara menggunakan jenis aksen Melayu dalam bahasa Indonesia mereka, yang agak mirip dengan yang digunakan di Malaysia.

Pantai Pulau Datok adalah salah satu taman wisata alam yang ramai dikunjungi pada saat liburan atau hari biasa. Kawasan ini tergolong ramai bahkan dapat disebut sebagai tempat wisata yang nomor satu (terbanyak pengunjungnya).

Tiap tahun wisata pantai ini menyedot ribuan pengunjung yang datang dari berbagai kecamatan di wilayah kabupaten Ketapang. Pantai yang teletak di kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) ini memiliki panorama alam yang indah. Perpaduan antara pantai dan bukit serta teluk merupakan tempat yang ideal untuk parawisata.

Pada saat musim liburan dan lebaran, pengunjung akan semakin banyak datang ke pantai Pulau Datok.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Kayong Utara :