-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kota Jayapura

Informasi dan Berita Terbaru dari Kota JayapuraKota Jayapura, sebuah kota yang kini menjadi perbincangan banyak orang akan keindahannya. Ya, ibukota Provinsi Papua ini tak pelak membuat orang takjub akan keindahan yang diberikannya. Kota yang terletak di ufuk timur Indonesia ini memiliki banyak wisata alam yang akan anda kunjungi. Kota ini terletak di teluk Jayapura (Humbolt Bay).

Dari tahun 1910 ke 1962, kota ini dikenal sebagai Hollandia dan merupakan ibukota distrik dengan nama yang sama di timur laut Papua Barat. Kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sukarnopura sebelum memangku nama yang sekarang pada tahun 1968. Arti literal dari Jayapura, sebagaimana kota Jaipur di Rajasthan, adalah 'Kota Kemenangan' (bahasa Sansekerta jaya: "kemenangan"; pura: "kota").

Kota Jayapura telah sejak lama bersentuhan dengan dunia luar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya orang-orang luar yang pernah singgah di Tanah Papua ini adalah orang Spayol yang pernah mengarungi samudera dan bersentuhan dengan orang-orang Indonesia pada umumnya dan orang-orang irian pada khususnya. Sejarah arung samudera telah mencatat secara baik seseorang berbangsa Spanyol bernama YNICO ORTIS DE FRETES. Dengan kapalnya bernama"SAN JUAN" pada tanggal 16 Mei 1545 berangkat dari Tidore ke Mexico. Dalam perjalanan Ortis de Fretes tersebut tiba di sekitar muara sungai Mamberamo pada tanggal 16 Juni 1545 memberikan nama NOVA GUINEA kepada orang-orang dan tanah Papua atau Iriang Jaya.

Kota Jayapura yang merupakan kota administatif di pesisir teluk Humboldt yang menawan ini adalah pusat pemerintahan Provinsi Papua sekaligus menjadi salah satu kota tujuan wisata yang penuh pesona, memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dari yang sederhana hingga modern.

Money changer, bank-bank, pusat-pusat perbelanjaan tradisional hingga mall besar serta hotel-hotel kelas menengah sampai berbintang seperti Swissbell, Aston, Horizon, Sahid, Yasmin yang nyaman siap menyambut pelancong yang berkunjung. Aneka tempat hiburan seperti sarana olahraga, bar, rumah bernyanyi, club biliard, wahana bermain, massage club, spa, diskotik, restoran sampai dengan warung tenda yang sangat mendukung aktifitas pariwisata dan ekonomi kreatif wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.
Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kota Jayapura :