-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Deiyai

Informasi dan Berita Terbaru dari Kabupaten Deiyai
DEIYAI, merupakan kabupaten baru yang dimekarkan dari kabupaten induk Paniai, diresmikan sebagai kabupaten baru dengan diberlalukan Undang-Undang No.55 Tahun 2008. Kabupaten Deiyai secara geografis terletak  pada 40 02 42,12 Lintang Selatan dan 1360 16 48,32” Bujur Timur diketinggian 1700 meter diatas permukaan laut.

Kabupaten yang wilayahnya mengelilingi Danau Tigi ini ber-ibu kota di Distrik Tigi. Kantor Bupati baru selesai dibangun pada 2010, dibangun diatas tanah seluas 500 x 300 meter persegi, yang dibeli dari masyarakat setempat. Kota Waghete terletak di pinggir danau purba yang berada di Provinsi Papua, yakni danau Tigi, wilayah Tigi merupakan satuan lembah dengan kemiringan 0-15%, sedangkan kota Waghete sendiri secara keseluruhan kondisi topografi wilayahnya cukup bervariasi yaitu 0 s/d 45% ketinggian >45% terlihat di sekitar area recana pengembangan bandara sekitar wilayah tengah dan utara, ketinggian relatif datar 0-15% terlihat di bagian selatan, utara dan terutama disekitar danau Tigi.

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Deiyai adalah Danau Tigi. Sebuah cerita menarik dikalangan masyarakat Tigi, Kabupaten  Deiyai. Disana terdapat Danau Tigi, Danau yang memiliki kedalaman 150 meter merupakan ladang mencari nafkah bagi masyarakat setempat. Belakangan ini ditumbuhi lumut hingga menutup semua aktifitas warga di sana. Danau Tigi yang terbentang di tengah Lembah Tigi , Kabupaten Deiyai , oleh masyarakat setempat dipandang sebagai lahan subur yang dapat memberikan nafkah dan mempertahankan hidup. Danau ini menjadi idola bagi mereka , selain danau itu memberikan kelangsungan hidup juga memberikan suasana yang sejuk bagi siapa saja yang memandang dan melintasi wilayah itu karena panoramayang pesona.

Cerita asal usul danau itu kini masih menjadi rahasia bagi masyarakat lokal. Karena memiliki nilai-nilai kesakralan tersendiri. Danau ini terdapat ikan air tawar semisal ikan mas, lele, dan nila atau kerap kalidi sebut ikan mujair.

Menuju ke Danau Tigi (Deiyai) dapat di lakuka melalui Nabire, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Tigi. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa mobil jenis minibus utnuk melinatsi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat jenis twiotter, Cessna caravan dari AMA, MAF dan Trigana , yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan terbuat dari tanah.

Di daerah ini juga tersedia penginapan sehingga kita tidak susah dengan tempat nginap

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Deiyai :