-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Wilayah Bonaire

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Wilayah Bonaire
Bonaire merupakan sebuah pulau di Antillen Leeward di Laut Karibia. Ibukotanya adalah Kralendijk, dekat laut di sisi kiri pulau. Aruba, Bonaire dan Curaçao membentuk kepulauan ABC, 80 km di lepas pantai Venezuela.  

Tidak seperti sebagian besar wilayah Karibia, pulau-pulau ABC terletak di luar zona sering munculnya badai. Pulau-pulau ini memiliki iklim kering yang menarik pengunjung yang mencari cuaca yang hangat dan cerah sepanjang tahun.

Bonaire adalah tempat snorkeling dan selam scuba yang populer karena beberapa situs penyelaman pantai dan akses mudah ke terumbu karang tepi pulau.

Per 1 Januari 2019, populasi pulau ini berjumlah 20.104 penduduk tetap, meningkat sekitar 1.200 sejak 2015. Luas total pulau adalah 288 kilometer persegi; panjangnya 38,6 kilometer dari utara ke selatan, dan lebarnya berkisar antara 4,8–8 km dari timur ke barat.

800 meter di sebelah barat Bonaire di seberang laut adalah pulau kecil Klein Bonaire yang tidak berpenghuni dengan total luas daratan 6 km2.

Klein Bonaire memiliki vegetasi yang tumbuh rendah termasuk kaktus, dengan pohon palem yang jarang di dekat air dan dibatasi oleh pantai berpasir putih dan karang tepi. Terumbu karang, pantai, dan cagar alam di pulau yang terletak di Bonaire dan Klein Bonaire berada di bawah perlindungan Taman Laut Nasional Bonaire.

Bonaire adalah bagian dari Antillen Belanda hingga pembubaran negara itu pada 2010, ketika pulau itu menjadi daerah khusus di negara Belanda.

Bonaire adalah salah satu dari tiga daerah khusus di Karibia; yang lainnya adalah Sint Eustatius dan Saba. 80% populasi Bonaire adalah warga negara Belanda, dan hampir 60% penduduknya lahir di bekas Antillen Belanda dan Aruba.