-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Bima

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Bima
Kabupaten Bima adalah sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Woha, dan pada tahn 2020 jumlah penduduk kabupaten ini sekitar 488.577 jiwa.

Kabupaten Bima merupakan salah satu Daerah Otonom di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terletak di ujung timur dari Pulau Sumbawa bersebelahan dengan Kota Bima (pecahan dari Kota Bima). Secara geografis Kabupaten Bima berada pada posisi 117°40”-119°10” Bujur Timur dan 70°30” Lintang Selatan.

Kabupaten Bima terdiri dari 18 kecamatan dan 191 desa.

Kabupaten Bima memiliki berbagai macam kuliner khas daerah, yaitu: Uta Palumara Londe, Uta Sepi Tumis, Kahangga, Uta Maju Puru, Tota Fo'o, Bingka Dolu, dan Mangge mada

Kabupaten Bima juga memiliki sambal yang khas, yaitu Sambal Kahuntu Kalo, lazimnya jantung pisang dimanfaatkan sebagai sayuran. Masyarakat suku Mbojo sendiri menjadikannya sebagai sambal.

Jantung pisang direbus dulu dengan tambahan garam. Kemudian diiris kecil-kecil, lalu ditambahkan bahan-bahan seperti bawang merah, tomat, potongan udang, cabai dan bahan lain. Semua bahan dicampur dan santar cair. Kemudian dinikmati bersama ikan goreng atau panggang.


Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Bima :