-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Batu Bara

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Kabupaten Batu Bara
Kabupaten Batu Bara adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kabupaten ini beribu kota di Kecamatan Limapuluh.

Kabupaten ini terletak di tepi pantai Selat Malaka, sekitar 175 km selatan ibu kota Medan. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Kabupaten Batu Bara termasuk ke dalam Karesidenan Sumatra Timur.

Kabupaten Batu Bara merupakan pemekaran dari Kabupaten Asahan di mana tujuh kecamatan di Kabupaten Asahan dikurangi dan dipindahkan wilayahnya menjadi wilayah Kabupaten Batu Bara.

DPR menyetujui Rancangan Undang-Undang pembentukannya tanggal 8 Desember 2006. Kabupaten ini diresmikan pada tanggal 15 Juni 2007.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kabupaten Batubara 2021, penduduk kabupaten ini pada tahun 2020 berjumlah 410.678 jiwa dengan kepadatan 454 jiwa/km2.

Kabupaten Batu Bara memiliki 12 kecamatan, 10 kelurahan, dan 141 desa dengan luas wilayahnya mencapai 904,96 km².

Pada 27 Januari 2015 groundbreaking Pelabuhan Kuala Tanjung telah dilakukan. Pelabuhan ini dapat menampung 60 juta TEU (unit setara dua puluh kaki) per tahun sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia Barat, lebih besar dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dengan hanya 15 juta TEU per tahun.

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Kabupaten Batu Bara :