-->

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Angola

Informasi Terkini dan Berita Terbaru dari Negara Angola
Republik Angola adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian barat daya. Luas wilayah Angola hampir dua kali luas pulau Kalimantan; menempati peringkat ke-22 sedunia (setelah Niger dan sebelum Mali).

Ibu kota Angola, Luanda, terletak di pantai Atlantik di barat laut negara ini. Angola terbagi atas 18 provinsi (províncias) dan 158 kotamadya (municípios).

Angola berbatasan dengan Namibia, Republik Demokratik Kongo, Zambia dan Samudra Atlantik. Cabinda, sebuah provinsi Angola berbentuk eksklave, berbatasan dengan Republik Kongo.

Negara ini merupakan salah satu produsen kopi utama di dunia dan termasuk negara terkaya di Afrika berkat sumber alamnya, terutama bijih besi, intan, dan tembaga.

Ekonomi dari Angola berada dalam kekacauan karena perang yang berkepanjangan selama hampir seperempat abad. Angola sebenarnya mempunyai sumber daya, tetapi pendapatan per kapita negara ini termasuk yang terendah di dunia.

Sekitar 85% dari penduduk bekerja di bidang agrikultur/pertanian. Produksi minyak merupakan sumber ekonomi terbesar negara ini, dengan kontribusi 45% dari GDP dan 90% dari ekspor negara.

Pengawasan di industri minyak dikontrol oleh Sonangol Group, sebuah konglomerat yang dimiliki oleh pemerintah Angola. Meskipun perjanjian damai sudah ditandatangani pada tahun November 1994, tetapi jutaan lahan tetap terbengkalai, dan kemungkinan pertempuran masih mungkin terjadi, dan petani-petani masih enggan untuk menggarap sawahnya.

Maka, kebanyakan persediaan makanan pun masih banyak yang harus diimpor. Ekonomi negara ini bertumbuh 4% kira-kira dalam setahun, dari mulai tahun 1999.

Pemerintah memberlakukan denominasi mata uang baru pada tahun 1999, termasuk pecahan 1 dan 5 kwanza. Produksi minyak memulai prospek yang bagus pada tahun 2000, tetapi di sektor yang lain tetap tidak berkembang. Dengan adanya perjanjian ekonomi strategis pada tahun 2002 dengan China, maka investasi besar-besaran oleh perusahaan China sekarang berada di sektor konstruksi dan metalurgi

Berikut adalah artikel dari berita dan informasi terbaru dari Negara Angola :