-->

Pertumbuhan Ekonomi Papua Melonjak 17,49% di Triwulan I Tahun 2024

Pertumbuhan Ekonomi Papua Melonjak 17,49% di Triwulan I Tahun 2024

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Adriana Carolina, SE., MM dalam rilis pada Senin, 6 Mei 2024 mengungkapkan bahwa Pada triwulan I-2024, ekonomi Papua jika dibandingkan dengan triwulan I-2023 mengalami pertumbuhan siginifikan sebesar 17,49 persen (y-on-y). 

"Jika dilihat pertumbuhan ekonomi Papua tanpa pertambangan dan penggalian mengalami pertumbuhan sebesar 5,07 persen," kata dia.

Pertumbuhan terjadi pada seluruh lapangan usaha dimana pertumbuhan tertinggi dialami oleh Sektor Pertambangan dan Penggalian yang tumbuh sebesar 36,55 persen; diikuti oleh Sektor Transportasi dan Pergudangan sebesar 11,29 persen; Sektor Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 10,50 persen; Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 9,66 persen; serta Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi sebesar 5,91 persen.

Struktur PDRB Papua menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku triwulan I-2024 masih didominasi oleh Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 42,84 persen; diikuti oleh Lapangan Usaha Konstruksi sebesar 12,57 persen; Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 9,37 persen; Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 8,66 persen; serta Lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 7,95 persen.

"Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Papua, sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 14,42 persen; diikuti oleh Lapangan Usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 0,80 persen; serta Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 0,46 persen," ungkap Adriana. (Iren)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel