-->

Yan Mandenas Soroti Masalah Lapangan Pekerjaan Sebagai Prioritas Utama di Indonesia

Yan Mandenas Soroti Masalah Lapangan Pekerjaan Sebagai Prioritas Utama di Indonesia

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dalam menyikapi situasi pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024, Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Yan Permenas Mandenas menyoroti masalah utama yang dihadapi di Indonesia, yaitu lapangan pekerjaan. 

Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilu untuk memilih pemimpin yang mampu mengatasi masalah tersebut.

"Saat ini, masalah utama yang dihadapi di Indonesia bukan hanya soal ekonomi, tapi lapangan pekerjaan menjadi masalah utama yang hampir di seluruh tanah air kita," ujar Mandenas pada Rabu, 7 ebruari 2024.

Ia memberikan gambaran bahwa banyak lulusan perguruan tinggi yang pulang ke kampung halaman mereka hanya menjadi pengangguran. Bahkan di Papua, situasinya tidak jauh berbeda, dengan banyaknya pengangguran yang sulit dihitung.

"Masyarakat kita mengalami hal yang sama, banyak sekali sarjana-sarjana yang pulang ke kampung dan menjadi pengangguran. Bahkan di Papua, ini sudah tidak bisa kita hitung dengan jari," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Mandenas mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang mampu melihat visi jangka panjang dan mengambil langkah-langkah strategis untuk membuka lapangan pekerjaan baru. 

Ia menekankan bahwa pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bukanlah satu-satunya solusi, melainkan perlu melihat potensi pasar global yang dapat memberikan akses pasar baru untuk pengembangan ekonomi lokal.

"Kita harus menangkap akses pasar global ini. Lapangan pekerjaan harus dibuka lebih luas, karena masyarakat kita, terutama di Papua, tidak boleh hanya bergantung pada ASN (Aparatur Sipil Negara)," tegas Mandenas.

Ia juga menyoroti perlunya terjadi transformasi besar-besaran dalam sistem pemerintahan dan kepemimpinan, baik dari tingkat pusat hingga daerah, untuk mengatasi masalah lapangan pekerjaan ini.

“Memilih pemimpin yang mampu mengatasi masalah lapangan pekerjaan harus menjadi prioritas utama dalam Pemilu kali ini, demi membawa perubahan dan harapan baru bagi Indonesia dalam lima tahun mendatang,” ungkap dia. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel