-->

Satpol PP Kota Sorong Serahkan Seragam dan Perlengkapan Linmas


SORONG, LELEMUKU.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sorong menyerahkan atribut berupa seragam dan perlengkapan Perlindungan Masyarakat (Linmas), kepada 1.460 personil Linmas yang tersebar di 41 Kelurahan di Kota Sorong, pada acara Penyerahan Seragam dan Perlengkapan Linmas, yang berlangsung di Gedung Lambert Jitmau, Selasa (12/12/2023) pagi hari.

Atribut tersebut diserahkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, kepada lima orang perwakilan personal Linmas. Digelarnya kegiatan ini dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilihan umum di Kota Sorong pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Satpol PP Kota Sorong, Daniel Jitmau, S,E., M.M dalam laporannya mengatakan, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau Pertahanan Sipil (Hansip), merupakan organisasi di tingkat kelurahan atau kepala desa, yang beranggotakan unsur masyarakat, dan dibekali kemampuan untuk membantu, memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat pada saat Pemilu di tahun 2024.

“Satlinmas memiliki peran yang sangat penting. Mereka satu-satunya petugas yang berada paling dekat dengan kotak suara, sehingga kita perlu mempersiapkannya, agar tragedi pemilu sebelumnya tidak terulang Kembali, dan menjadi evaluasi kita bersama dalam mensukseskan pemilu tahun 2024,” kata Kasatpol PP.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Abdul Rahim Oeli, S.E menyampaikan apresiasi kepada Satpol PP Kota Sorong, yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, sebagai dukungan dan niat baik untuk mendukung pesta demokrasi di tahun 2024.

Disebutkannya, Linmas merupakan ujung tombak aparatur, sekaligus perpanjangan tangan pemerintah dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal, dan memperoleh kewenangan didalamnya membantu aparatur keamanan lainnya, seperti TNI, Polri, Satpol PP, dan lainnya.

“Fungsi ini yang akan Linmas lakukan dan terlibat dalam pesta demokrasi 5 tahunan, yaitu pemilihan umum tahun 2024. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, tentunya Linmas dilengkapi dengan berbagai perlengkapan saat bertugas,” ujar Sahli PHP.

Oleh karena itu, sambungnya, Satpol PP Kota Sorong merespon hal tersebut dengan melakukan penyerahan pakaian dan atribut Linmas, untuk dapat digunakan pada saat pelaksanaan Pemilu tahun depan.

“Saya ingin berpesan, agar setelah menerima pakaian dan atribut Linmas, kalian mampu menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya. Tetaplah rendah hati, selalu bersikap tegas dan disiplin dalam menjalankan tugas, sehingga semua dapat berjalan dengan aman,” pesan Sahli PHP.

Dari data yang dihimpun, berikut rincian 1.460 personal Linmas yang tersebar di 11 Distrik di Kota Sorong yaitu, Distrik Sorong 104 orang, Distrik Sorong timur 186 orang, Distrik Sorong Barat 196 orang, Distrik Sorong Kepulauan 68 orang, dan Distrik Sorong Utara 188 orang.

Kemudian, Distrik Sorong Kota 112 orang, Distrik Manoi 219 orang, Distrik Klaurung 80 orang, Distrik Malaimsimsa 168 orang, dan Distrik Maladumes 60 orang. Sumber dana kegiatan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada Satpol PP Kota Sorong tahun 2023.  (DiskominfoSorong)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel