-->

Puma akan Setop Sponsori Timnas Israel di Tengah Serangan ke Gaza


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Puma akan menghentikan sponsornya terhadap tim sepak bola nasional (timnas) Israel, seperti dilansir Al Arabiya mengutip Financial Times pada Selasa 12 Desember 2023.

Dalam catatan internal yang dilihat oleh Financial Times, perusahaan asal Jerman itu mengatakan keputusan tersebut diambil setahun yang lalu. Puma menegaskan keputusan itu tidak ada hubungannya dengan seruan boikot konsumen di tengah serangan brutal Israel di Gaza.

Mulai 2024, perusahaan pakaian olahraga tersebut tidak lagi menyediakan perlengkapan tersebut kepada tim setelah memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak dengan Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA).

Keputusan Puma untuk mengeluarkan tim sepak bola nasional Israel dari portofolio sponsornya dibuat karena alasan keuangan, kata orang-orang yang mengetahui diskusi internal tersebut kepada Financial Times.

Keputusan tersebut dilaporkan merupakan bagian dari strategi “lebih sedikit, lebih besar, lebih baik” untuk menjadi lebih selektif dalam pemasaran olahraga.

Menurut catatan tersebut, Puma akan segera mengumumkan kemitraan baru dengan tim ternama.

Kemitraan antara merek olahraga terbesar ketiga di dunia dan tim Israel telah memicu kemarahan internasional dan seruan boikot total terhadap semua produk Puma selama beberapa tahun terakhir.

Para aktivis menuduh Puma mendukung permukiman Israel di Tepi Barat – yang dianggap ilegal oleh komunitas internasional – mengingat IFA mencakup klub-klub yang bermarkas di permukiman tersebut.

Namun, perusahaan tersebut telah berulang kali menolak klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka hanya mensponsori tim nasional dan tidak terlibat dalam aktivitas tingkat klub.

Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa merek—seperti Puma, merek fesyen Spanyol Zara dan retail Inggris Marks and Spencer— menyaksikan demonstrasi pro-Palestina terjadi di luar toko mereka di seluruh dunia karena dugaan sikap mereka yang pro-Israel. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel