-->

Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan Minta Masyarakat Tetap Tenang

Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan Minta Masyarakat Tetap Tenang


JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gelar pertemuan dengan Paguyuban Nusantara, Pangdam XVII/Cenderawasih himbau masyarakat agar tenang dan akan menindak tegas pihak -pihak yang ingin mengacaukan situasi.

"Kepada Masyarakat tetap tenang, karena TNI Polri akan terus mengendalikan situasi ini, sehingga kedamaian dan keamanan tetap dapat terwujudkan di Tanah Papua, khususnya di Jayapura," tegas Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han saat pertemuan dengan Para Ketua-Ketua Paguyuban Nusantara di Makodam, Jumat (29/12/2023).
Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan Minta Masyarakat Tetap Tenang
Penegasan dan himbauan Pangdam tersebur akibat terjadi pengerusakan dan pembakaran yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu saat iring-iringan pengantaran Jenazah Alm. Lukas Enembe, Kamis (28/12/2023).

Peristiwa ini mengakibatkan 1 unit mobil milik warga terbakar, pengerusakan Ran (1 unit) truk Randis Yonif 751//VJS mengalami kaca depan pecah, 6 rumah dinas TNI dibakar, 12 bangunan kios dibakar, 1 klinik dan 1 unit bangunan Denkesyah Waena dibakar.

Langkah-langkah persuasif telah dilakukan oleh Kodam XVII/Cen dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif. Untuk itu, Pangdam XVII/Cen mengadakan pertemuan dengan Para Ketua Paguyuban Nusantara yang kemudian sepakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian di Jayapura termasuk di daerah lainnya di Papua.

"Bagi siapapun yang berpikir untuk mengacaukan keamanan di Papua, tentunya tidak akan lepas dari tindakan hukum yang akan dilakukan. TNI akan membackup Polri dalam penegakkan hukum. Saat ini juga ada provokasi-provokasi, yang semuanya untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Jika ada tindakan melawan perusuh oleh pendatang, itu semua merupakan reaksi spontan, bukan diorganisir. Oleh karenanya nilai-nilai kemanusiaan harus ditegakkan sehingga harus saling menghormati," kata Pangdam.
Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan Minta Masyarakat Tetap Tenang
Lebih lanjut, Pangdam menegaskan dari 28 Kabupaten dan 1 Kota dalam keadaan aman, kecuali Jayapura yang terjadi aksi pengerusakan dan pembakaran. Demikian pula Kodam bersama Polda menyiapkan kendaraan bagi massa untuk kembali ke Sentani. 

"Kodam juga telah menempatkan Pasukan untuk menjaga obyek-obyek atau fasilitas-fasiltas umum untuk diamankan, baik Kantor Gubernur, Kantor DPRD dan Stadion Lukas Enembe juga diamankan," ujar Pangdam.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Forum Komunikasi Lintas Nusantara menyampaikan telah berkomunikasi dengan masyarakat guna menjaga warga dan bangunannya.

"Bagi warga yang terlibat dalam pemakaman untuk kembali ke tempat masing-masing dengan menggunakan kendaraan yang sudah disiapkan oleh TNI Polri dan jangan melakukan tindakan pengrusakan dan keributan," harapnya.

Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan Minta Masyarakat Tetap Tenang

Hadir dalam pertemuan ini Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Para Asisten Kasdam XVII/Cen, Ws. Kapendam XVII/Cen, Ketua Umum HKJM Dr. H. Sarminanto, Ketua Umum IKT Papua Dr. Edie Rante Tasak, M.M., Ketua Umum IKM Kota H. Marlan, Ketua Kota KKP/Pati M. Parso, Ketua Umum IKB Dr. H. Subroto, Ketua Trenggalek Mulyani, Sekretaris  DPD PBB Prov. Papua Naek Sahala.M, Sekretaris Ikemal Pusat Harry Silooy, Ketua KKB/Buton Alimuddin, Ketua KKG/Gorontalo Alex Deu, Sekretaris IKM/Minang Yasrizal, Ketua IKM/Minang Imam Djuniawai, Sekjen Forkom LKN Junaedi Rahim, Ketua Umum Masyarakat Sairi Yoris. A. Nusi, Ketua Umum Pasundan Papua M.Iriyanto Pawika, Ketua Umum Kawanua Papua Elia Laupatty, Bendehara Ikawangi Dr. Ratna Mufidah, SP., M.Si., Sekjen KKMU Pdt. Dalfira Mamole, Hukum dan HAM Ratna I. Silalahi, Ketua Umum K3 Kota Jayapura Chirtian, Sekjen K3 Kota Jayapura Hendri, Pemuda Batak Bersatu Johanri Siregar, Ketua Umum Kawanua Jory Lumingkewas, dan Ketua Umum Pemuda Adat Tabi M. Norotaouw.  (Pendam17)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel