-->

Korea Utara Mulai Operasi Satelit Mata-mata


PYONGYANG, LELEMUKU.COM - Kantor operasi satelit mata-mata Korea Utara memulai misinya sebagai organisasi intelijen militer, demikian dilaporkan kantor berita negara KCNA pada Minggu (3/12).

Kantor tersebut, yang dikelola oleh Pusat Kontrol Umum Administrasi Teknologi Dirgantara Nasional (NATA) Pyongyang, mulai melaksanakan misinya pada Sabtu (2/12) dan akan melaporkan informasi yang diperoleh ke biro pengintaian di angkatan darat dan unit-unit utama lainnya, kata KCNA.

Korea Utara mengatakan pihaknya berhasil meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya pada 21 November, yang mengirimkan foto-foto Gedung Putih, Pentagon, pangkalan militer AS, dan “wilayah sasaran” di Korea Selatan.

Pyongyang belum merilis gambar apa pun dari satelit tersebut sejauh ini, sehingga membuat para analis dan pemerintah asing memperdebatkan sejauh mana kemampuan satelit itu sebenarnya.

Dalam artikel terpisah yang disiarkan oleh KCNA pada Minggu, seorang komentator militer Korea Utara yang tidak diidentifikasi mengatakan (Korea) Selatan disalahkan atas kegagalan kesepakatan pembangunan kepercayaan militer mereka. Komentator itu juga membenarkan peluncuran satelit mata-mata sebagai hal yang juga dilakukan oleh negara-negara lain.

Artikel tersebut juga berpendapat bahwa peluncuran pengintaian militer pertama Korea Selatan bulan ini terbukti bertentangan.

Pada Jumat (1/12), roket SpaceX Falcon 9 membawa satelit mata-mata pertama Korea Selatan ke orbit dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg California. Korea Selatan mengontrak perusahaan AS tersebut untuk meluncurkan total lima satelit mata-mata pada 2025 dalam upaya mempercepat tujuannya untuk mengawasi semenanjung Korea selama 24 jam.

Korea Utara mengatakan bulan lalu bahwa pihaknya akan mengerahkan angkatan bersenjata yang lebih kuat dan senjata baru di perbatasannya dengan Korea Selatan, setelah Seoul menangguhkan sebagian perjanjian militer 2018 antara kedua Korea sebagai protes atas peluncuran satelit mata-mata Pyongyang. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel