-->

Jokowi Perintahkan Mahfud Md Tangani Pengungsi Rohingya di Aceh


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dirinya telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md untuk membereskan masalah pengungsi Rohingya yang masuk ke Indonesia.

Selama bertahun-tahun, banyak anggota etnis muslim Rohingya – kelompok minoritas yang ditindas di Myanmar, melarikan diri via perahu kayu reyot ke Bangladesh, Malaysia, Indonesia, dan Thailand yang mayoritas penduduknya muslim.

“Ya, saya telah memerintahkan kepada Menkopolhukam untuk menangani bersama-sama dengan daerah, bersama-sama dengan Badan Pengungsi PBB (UNHCR),” kata Jokowi menjawab pertanyaan dalam keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin, 4 Desember 2023.

Jokowi dalam jawabannya tidak mengelaborasi lebih lanjut arahan dia ke Mahfud. Pesan yang disampaikan kepada Mahfud melalui aplikasi perpesanan belum ditanggapi sampai Senin, pukul 15.00 WIB.

Hampir 200 orang pengungsi Rohingya, mayoritas perempuan dan anak-anak, tiba dengan perahu di provinsi Aceh pada Selasa, 14 November 2023, dengan perahu besar. Ratusan orang tersebut terdampar di Pantai Kemukiman Kalee, Gampong Batee, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Aceh.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan Indonesia bukan merupakan pihak dari Konvensi Pengungsi 1951, yang mewajibkan negara-negara yang telah meratifikasinya untuk melindungi pengungsi yang berada di wilayahnya sesuai dengan ketentuan konvensi. Sebanyak 146 negara menjadi pihak dalam konvensi dan 147 merupakan pihak dalam protokol.

“Indonesia tidak memiliki kewajiban dan kapasitas untuk menampung pengungsi, apalagi untuk memberikan solusi permanen bagi para pengungsi tersebut,” ujarnya dalam pesan singkat pada Kamis, 16 November 2023.

Beberapa ratus orang Rohingya juga tiba di Aceh pada awal tahun ini, dengan sejumlah besar dari mereka meninggal di laut karena penyakit, kelaparan, dan kelelahan. Menurut data UNHCR, tahun 2022 menjadi salah satu tahun paling mematikan dalam satu dekade bagi para pengungsi.

Data yang disampaikan UNHCR pada awal tahun menyebut Indonesia saat ini menampung 12.805 pengungsi dari 51 negara, dan sekitar 1.000 orang atau 8 persen di antaranya adalah pengungsi Rohingya. (Daniel Fajri|empo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel