-->

Angkatan Udara Inggris Kirim Pesawat Mata-mata Cari Sandera Hamas di Gaza


LONDON, LELEMUKU.COM - Angkatan Udara Inggris akan menerbangkan pesawat pengintai Shadow R1 di atas Gaza untuk membantu menemukan sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

Sejumlah media Inggris pada Minggu, 3 Desember 2023, memberitakan pemerintah Inggris akan menerbangkan pesawat tak bersenjata di atas Gaza untuk menemukan sejumlah warga negara itu yang masih disandera Hamas.

"Keselamatan warga negara Inggris adalah prioritas utama," demikian pernyataan kabinet  ketika mengumumkan sejumlah pesawat tak bersenjata, termasuk Shadow R1, akan digunakan oleh Royal Air Force (RAF) untuk penerbangan pengintaian.

Segala informasi yang dikumpulkan mengenai kemungkinan keberadaan para tawanan akan dibagikan kepada Israel.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pesawat pengintai tersebut "tidak bersenjata, tidak memiliki peran tempur, dan hanya akan ditugaskan untuk mencari sandera".

“Hanya informasi terkait penyelamatan sandera yang akan disampaikan kepada otoritas terkait yang bertanggung jawab atas penyelamatan sandera,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Sky News.

Penerbangan tersebut akan dilakukan di Mediterania timur, termasuk beroperasi di wilayah udara di Israel dan Gaza.

Kementerian Pertahanan mengatakan pemerintah Inggris telah “bekerja dengan mitra di seluruh wilayah untuk menjamin pembebasan sandera, termasuk warga negara Inggris, yang telah diculik” sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

Militer Inggris dikerahkan ke Mediterania timur seminggu setelah serangan 7 Oktober, dengan pesawat RAF dan kapal Angkatan Laut Kerajaan dikirim ke wilayah tersebut.

Hal ini diperkuat minggu lalu ketika Inggris mengatakan akan mengirim salah satu kapal perangnya yang paling mematikan ke Teluk untuk mencegah meningkatnya serangan Iran dan kelompok-kelompok yang didukung Iran. (Tempo)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel