-->

Anggota WHO Desak Israel untuk Lindungi Pekerja Kemanusiaan di Gaza


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Lebih dari selusin negara anggota Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengajukan rancangan resolusi pada Jumat, mendesak Israel untuk menghormati kewajibannya berdasarkan hukum internasional untuk melindungi pekerja kemanusiaan di Gaza.

Usulan tersebut diajukan oleh Aljazair, Bolivia, Cina, Mesir, Indonesia, Irak, Yordania, Lebanon, Malaysia, Maroko, Pakistan, Qatar, Arab Saudi, Tunisia, Turki, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Teks rancangan resolusi tersebut akan diperiksa pada Minggu 10 Desember 2023 dalam sesi khusus Dewan Eksekutif WHO yang diadakan untuk membahas “situasi kesehatan di wilayah pendudukan Palestina”.

Perwakilan Palestina mempunyai status pengamat WHO, dan juga merupakan penandatangan proposal tersebut.

Negara-negara anggota menyatakan “keprihatinan mendalam mereka terhadap situasi kemanusiaan yang sangat buruk di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, khususnya operasi militer di Jalur Gaza”.

Mereka menyerukan Israel untuk “menghormati dan melindungi” pekerja medis dan kemanusiaan yang secara eksklusif terlibat dalam melaksanakan tugas medis, serta rumah sakit dan fasilitas medis lainnya.

Perang meletus di Gaza setelah pejuang Hamas menyerang Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera, 138 di antaranya masih ditawan, menurut data Israel.

Serangan balasan Israel melalui udara dan darat di Gaza telah menewaskan 17.487 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah Palestina yang terkepung.

Secara terpisah, juru bicara WHO Christian Lindmeier mengatakan kepada wartawan pada Jumat bahwa sistem kesehatan Gaza berada dalam kondisi lemah dan tidak mampu kehilangan ambulans atau satu pun tempat tidur rumah sakit.

“Situasinya semakin hari semakin mengerikan di luar dugaan, secara harafiah,” katanya.

Badan kemanusiaan PBB, OCHA, mengatakan pada Kamis malam bahwa hanya 14 dari 36 rumah sakit di Jalur Gaza yang berfungsi sesuai kapasitasnya. Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel