-->

Volodymyr Zelenskyy Minta Warga Ukraina Bersiap untuk Serangan Musim Dingin Rusia


KYIV, LELEMUKU. LELEMUKU.COM - Presiden Volodymyr Zelensky, Minggu, 12 November 2023,  memperingatkan warga Ukraina untuk bersiap menghadapi gelombang baru serangan Rusia terhadap infrastruktur menjelang musim dingin dan mengatakan pasukannya mengantisipasi serangan gencar di wilayah perang bagian timur.

Seorang juru bicara militer mengatakan serangan Rusia terhadap kota Avdiivka di bagian timur yang hancur telah mereda dalam beberapa hari terakhir, namun kemungkinan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Dan intelijen militer Ukraina mengatakan sebuah ledakan menewaskan sedikitnya tiga prajurit Rusia di kota Melitopol di selatan yang diduduki Rusia, yang digambarkan sebagai “tindakan balas dendam” oleh kelompok perlawanan.

Zelensky mengeluarkan peringatannya dalam pidato video malamnya, sehari setelah pasukan Rusia melancarkan serangan rudal pertama mereka ke ibu kota, Kyiv dalam waktu sekitar tujuh minggu.

“Kita hampir memasuki pertengahan bulan November dan harus bersiap menghadapi kenyataan bahwa musuh mungkin meningkatkan jumlah serangan drone atau rudal terhadap infrastruktur kita,” kata Zelensky. "Rusia sedang bersiap menghadapi Ukraina. Dan di sini, di Ukraina, semua perhatian harus dipusatkan pada pertahanan, menanggapi teroris, dan segala hal yang bisa dilakukan Ukraina untuk melewati musim dingin dan meningkatkan kemampuan tentara kita."

Musim dingin lalu, sekitar 10 bulan setelah invasi Rusia ke negara tetangganya, Ukraina, Rusia melakukan gelombang serangan terhadap pembangkit-pembangkit listrik yang terhubung dengan jaringan energi, sehingga memicu pemadaman listrik bergilir di wilayah yang terpisah jauh.

Menteri Energi German Galushchenko, Sabtu, mengatakan bahwa Ukraina akan memiliki sumber daya energi yang cukup untuk melewati musim dingin, namun menambahkan: "Pertanyaannya adalah seberapa besar serangan di masa depan dapat mempengaruhi pasokan."

Para pejabat Ukraina Rabu lalu mengatakan Rusia telah menyerang infrastruktur Ukraina sebanyak 60 kali dalam beberapa pekan terakhir, sebuah indikasi bahwa kampanye serangan mungkin sedang berlangsung.

Dalam sambutannya, Zelenskiy memuji upaya “heroik” pasukan yang mempertahankan Avdiivka, di bawah tekanan upaya serangan Rusia sejak pertengahan Oktober. Gambar-gambar menunjukkan bangunan-bangunan di kota itu hancur berkeping-keping.

Serangan Udara Meningkat

Juru bicara militer Oleksandr Shtupun mengatakan jumlah serangan infanteri dalam 24 jam terakhir adalah setengah dari jumlah serangan pada awal pekan, namun serangan udara terus meningkat.

“Musuh menderita kerugian besar kemarin lusa dan harus berkumpul kembali,” kata Shtupun kepada televisi nasional.

Kepala pasukan darat Ukraina, Jenderal Oleksandr Syrskyi, mengatakan melalui Telegram bahwa pasukan Moskow “lebih aktif di sektor Bakhmut dan berusaha memulihkan posisi yang hilang”.

Bakhmut, di utara kota Donetsk, direbut oleh pasukan Rusia pada Mei setelah berbulan-bulan pertempuran sengit, namun pasukan Ukraina telah merebut kembali desa-desa terdekat.

Catatan Rusia mengenai pertempuran Minggu mengatakan pasukannya telah memukul mundur lima serangan Ukraina di dekat Bakhmut.

Reuters tidak dapat memverifikasi keterangan dari kedua belah pihak.

Di Melitopol, pusat pasukan pendudukan Rusia, ledakan tersebut menewaskan tiga pria dalam sebuah pertemuan di kantor pos yang digunakan sebagai markas militer, kata direktorat intelijen militer Ukraina. Korban tewas adalah petugas Garda Nasional Rusia atau dinas intelijen FSB, kata direktorat tersebut dalam sebuah pernyataan.

Tidak ada komentar dari pejabat Rusia.

Militer Ukraina semakin aktif menyerang wilayah yang dikuasai Rusia, namun tidak selalu mengakui serangan tersebut. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel