-->

Tesla Gugat Swedia atas Dampak Pemogokan Pekerja Pos


WASHINGTON, LELEMUKU.COM -  mobil listrik Tesla hari Senin (27/11) mengajukan gugatan hukum terhadap pemerintah Swedia, terkait pemogokan oleh pekerja pos yang menahan pengiriman nomor plat mobil untuk mobil-mobil baru keluaran pabriknya.

Tesla saat ini sedang menghadapi pemogokan dalam berbagai medan di Swedia terkait penolakannya untuk menandatangani persetujuan upah bersama untuk para mekaniknya.

Pada 20 November, pekerja pos Swedia bergabung dan mulai menunda pengiriman untuk kantor-kantor Tesla dan bengkel perbaikannya.

Plat mobil untuk mobil baru hanya dikirim melalui surat di Swedia, dan blokade in bisa membuat mobil baru Tesla tidak dapat dikemudikan di jalanan, sesuatu yang oleh CEO Tesla, Elon Musk disebut sebagai sesuatu yang gila.

Musk telah lama menolak permintaan untuk mengijinkan 127 ribu karyawan perusahaan itu di seluruh dunia untuk membentuk serikat pekerja.

Namun, persetujuan bersama serikat pekerja adalah dasar dari model pasar tenaga kerja Swedia, yang mencakup hampir 90 persen dari seluruh karyawan dan menjamin upah serta kondisi kerja.

Tesla telah meminta pengadilan untuk memaksa Agensi Transportasi Swedia memastikan bahwa plat kendaraan yang terdaftar di agensi tersebut, menjadi milik Tesla.

Tesla juga meminta pengadilan untuk memaksa penerapan denda sebesar satu juta krona atau US$96 ribu, jika Agensi Transportasi Swedia gagal untuk memenuhi hal itu.

Agensi Transportasi Swedia mengatakan kepada AFP pekan lalu, bahwa mereka hanya mampu mengirim plat mobil melalui perusahaan pengiriman pos Postnord, karena terikat untuk memakai perusahaan ini di bawah kontrak yang berlaku untuk semua badan pemerintah.

Dalam gugatan yang terpisah, Tesla menginginkan pengadilan untuk memaksa Postnord, yang dimiliki oleh negara Swedia dan Denmark, untuk menyerahkan semua pengiriman yang ditujukan kepada Tesla.

Sekitar 130 mekanik di 10 bengkel Tesla di tujuh kota Swedia melakukan pemogokan kerja pada 27 Oktober, menurut serikat pekerja IF Metall.

Pemogokan itu kemudian ditambah dengan keterlibatan bengkel-bengkel lain yang ikut merawat mobil Tesla, dan pekerja pelabuhan juga telah berhenti untuk membongkar muat Tesla di pelabuhan-pelabuhan Swedia.

Selain IF Metall, sembilan serikat pekerja lainnya telah mengumumkan langkah-langkah simpati mereka. [(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel