-->

Ridwan Rumasukun Ikuti Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Dalam rangka mengevaluasi kinerja Organisasi dan melihat Prospek Ekonomi dan Moneter pada Tahun 2024,  Bank Indonesia dalam kapasitasnya sebagai bank sentral yang mempunyai tugas menjaga  stabilitas nilai rupiah, memelihara stabilitas Sistem Pembayaran, dan turut menjaga Stabilitas Sistem Keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan menyelenggarakan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 (29/11).

Penjabat Gubenur Papua Dr. M Ridwan Rumasukun, SE, MM disela-sela kehadirannya pada PTBI 2023, menyampaikan kegiatan ini sangat baik,  sebagai upaya bagi PEMDA untuk terus sigap / waspada atas setiap perubahan ekonomi dan Fiskal serta siap melaksanakan segala bentuk arahan yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI terutama pada percepatan penyerapan yang hanya mengihutung hari di tahun 2023 sebagai bagian mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua, tegasnya.   

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo,  dalam laporannya pada giat PTBI 2023, menyampaikan Prospek Ekonomi dan kebijakan Bank Indonesia Tahun 2024 yang dikemas dalam tema, “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional.”  

Perry,  menegaskan Dunia masih terus bergejolak  dengan berbagai dinamika,  akibatnya prospek ekonomi global tahun 2024 meredup yang ditandai dengan:  ketidak pastian masih tinggi; Pertumbuhan Ekonomi masih lambat; inflasi masih juga melambat; suku bunga Bank masih tinggi; Niai tukar Dolar masih kuat terhadap rupiah yang mengakibatkan terjadinya capital flight, tegasnya.

Sementara itu Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada sambutannya memberikan apresiasi pada semua stakeholder dibidang Ekonomi / Keuangan dan PEMDA yang tetap terus fokus dan sinergi serta berkolaborasi mengendalikan pertumbuhan Ekonomi nasional yang masih dalam katergori membanggakan diangkan 5%, serta menjaga Inflasi yang diangka 2,6 %. Butuh kerja lebih keras lagi untuk mempertahankan dan memperbaiki yang ada. Terkait dengan isu global, Indonesia juga tetap wapada sehingga pengaruh Global dapat dihadapi dengan penguatan Fiskal. Dan khusus bagi Gubernur di seluruh Indonesia agar memperhatikan penyerapan anggaran yang masih mencapai 64 % sementara waktunya tersisa 3(tiga) Minggu ke depan. Jokowi juga menambahkan bahwa tahun 2024 akan ada Pemilu, Indonesia punya pengalaman menyelenggarakan Pemilu langsung lebih dari 5 Periode dari semua lapisan,  Perbedaan dan ketegangan Politik itu pasti ada, tapi mari kita tetap jaga situasi ekonomi kita  yang lagi tumbuh ini, jangan sampai terpengaruh pungkasnya.  

Pada gelaran PTBI 2023 yang dilaksanakan di Graha Bhasuara Icchana, Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat Rabu, 29 November 2023,  juga dilakukan penganugerahan “Bank Indonesia Award 2023”, yang merupakan penghargaan kepada Perbankan, Korporasi dan Kelompok Ekonomi Masyarakat terbaik dalam mendukung upaya upaya perbaikan  dibidang Moneter, Sistem pembayaran, Makroprudential, Pengembangan UMKM  dan Pendukung kebijakan dalam 64 kategori. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel