-->

Majelis Umum PBB Serukan Gencatan Senjata dan Peningkatan Bantuan ke Gaza


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Negara-negara anggota Majelis Umum PBB, Senin (20/11) menyerukan gencatan senjata dan peningkatan bantuan ke Gaza.

“Demi PBB dan kemanusiaan, pertemuan maupun komitmen saja tidak cukup. Resolusi dan pernyataan saja tidak cukup. Itu semua perlu diterapkan di lapangan. Kita perlu bertindak secara nyata sekarang. Kita memerlukan gencatan senjata kemanusiaan sekarang. Kita memerlukan pengiriman bantuan kemanusiaan tanpa hambatan sekarang,” kata perwakilan Indonesia untuk PBB, Mariska D. Dhanutirto, di sidang majelis umum.

Sementara itu, perwakilan dari Belgia mengatakan,“Di mana penghormatan terhadap hukum humaniter internasional? Berapa banyak lagi kematian dan kehancuran yang dapat dihadapi seseorang? Berapa banyak lagi serangan terhadap sekolah, rumah sakit, pekerja kemanusiaan dan lainnya yang harus kita saksikan? Tingkat penderitaan di Gaza tidak tertahankan dan tidak manusiawi. Kami menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi Rabu lalu. Resolusi tersebut sudah lama tertunda, dan gencatan senjata kemanusiaan kini menjadi langkah penting berikutnya.”

Dewan Keamanan PBB, Rabu (15/11) lalu mengadopsi resolusi pertamanya semenjak pecahnya perang Israel-Hamas, yang berisi seruan “jeda kemanusiaan yang mendesak dan diperpanjang” di Gaza untuk mengatasi meningkatnya krisis bagi warga sipil Palestina selama serangan udara dan darat Israel. Israel langsung menolak resolusi tersebut.

Pemungutan suara di dewan beranggotakan 15 negara itu menghasilkan 12 suara mendukung dan 3 suara abstain dari AS, Inggris dan Rusia. AS dan Inggris memilih abstain karena resolusi itu tidak mengutuk serangan mendadak Hamas ke Israel pada 7 Oktober, sementara Rusia memilih abstain karena resolusi itu tidak menuntut dilakukannya gencatan senjata kemanusiaan, yang ditentang Israel dan AS.

Israel telah memerintahkan evakuasi warga dari Gaza utara, namun ribuan warga sipil tetap bertahan di sana. Makanan, bahan bakar, obat-obatan dan air telah habis di seluruh wilayah kantong itu di bawah pengepungan Israel selama enam minggu terakhir. Di Gaza selatan, di mana ratusan ribu warga Gaza berlindung setelah melarikan diri dari Gaza utara, juga dilaporkan telah diserang oleh Israel.

PBB mengatakan dua pertiga penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa telah dipaksa menjadi tunawisma.

Sekitar 240 orang sandera diculik ketika militan Hamas melancarkan serangan lintas batas ke Israel selatan pada 7 Oktober. Hal itu memicu Israel menginvasi wilayah Palestina untuk menyerang Hamas. Sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, telah tewas terbunuh dalam serangan Hamas, menurut perhitungan Israel – yang paling mematikan dalam sejarah Israel selama 75 tahun terakhir.

Sejak peristiwa 7 Oktober, pemerintah di Gaza yang dikelola Hamas mengatakan sedikitnya 13.300 warga Palestina tewas, termasuk sedikitnya 5.600 anak dan 3.550 perempuan, akibat pemboman tanpa henti oleh Israel. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel