-->

Jokowi Kirim Bantuan Kemanusiaan Tahap Dua ke Gaza


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk warga di Gaza. Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan itu di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusumah, pada Senin (20/11).

Presiden Jokowi mengatakan bantuan kemanusiaan untuk Gaza pada tahap kedua kali ini akan dibawa dengan dua pesawat dan mengangkut bantuan sebesar 21 ton. Bantuan tersebut terdiri obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan serta kebutuhan lainnya yang mana hal tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza.

“Bantuan ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, dari masyarakat antara lain dari PT Paragon Teknologi dan Inovasi, Indonesian Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Baznas dan lain-lain,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, sama seperti bantuan tahap pertama, nantinya kedua pesawat ini akan menuju ke Bandara Al-Arish di Mesir yang selanjutnya akan disalurkan ke Gaza.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi pemerintah Palestina. Salah satu yang dilakukan Indonesia, kata Jokowi adalah saat ini Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi, sebagai salah satu utusan khusus dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), sedang berkunjung ke sejumlah negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan. Indonesia, menurut Jokowi, juga mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan serta bantuan kemanusiaan harus bisa masuk dengan baik.

“Sekali lagi saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” tegasnya.

Sebelumnya Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza pada 4 November sebesar 51,5 ton yang diangkut dengan tiga pesawat. Bantuan tahap pertama tersebut mendarat di Bandara Al-Arish, Mesir, pada (6/11) lalu. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel