-->

Joe Biden Ingin Bangun Kembali Hubungan Militer dengan China


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden ingin membangun kembali hubungan militer dengan Cina, kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada hari Minggu, beberapa hari sebelum ia bertemu  pemimpin Cina Xi Jinping.

Biden akan bertemu langsung dengan  Xi Jinping pada Rabu, 15 November 2023, dalam KTT APEC (Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik )di San Francisco. Ini akan menjadi pertemuan tatap muka kedua antara kedua pemimpin sejak Biden menjabat pada Januari 2021.

“Presiden bertekad untuk melihat terjalinnya kembali hubungan militer karena dia yakin hal itu demi kepentingan keamanan nasional AS,” kata Sullivan dalam wawancara dengan program “Face the Nation” di CBS. “Kita memerlukan jalur komunikasi itu agar tidak terjadi kesalahan atau salah perhitungan atau miskomunikasi.”

Sullivan mengatakan pemulihan hubungan militer dapat terjadi di setiap tingkat mulai dari kepemimpinan senior hingga tingkat operasional taktis, serta “di perairan dan udara di Indo-Pasifik.”

Sullivan mengatakan di acara “State of the Union” CNN bahwa Biden akan berusaha untuk “mendorong kemajuan” dalam hubungan militer selama pertemuannya dengan Xi, tetapi menolak memberikan rincian lebih lanjut.

“Cina pada dasarnya telah memutuskan hubungan komunikasi tersebut. Presiden Biden ingin membangun kembali hubungan tersebut,” kata Sullivan. "Ini adalah agenda utama."

Pertemuan Biden-Xi diperkirakan akan membahas isu-isu global mulai dari perang Israel-Hamas hingga invasi Rusia ke Ukraina, hubungan Korea Utara dengan Rusia, Taiwan, Indo-Pasifik, hak asasi manusia, produksi fentanil, kecerdasan buatan, serta serta hubungan perdagangan dan ekonomi yang "adil", kata seorang pejabat senior AS.

Hubungan antara kedua negara menjadi dingin setelah Biden memerintahkan penembakan terhadap balon mata-mata Cina yang terbang di atas Amerika Serikat, Februari lalu. Namun para pejabat tinggi pemerintahan Biden telah mengunjungi Beijing dan bertemu dengan rekan-rekan mereka untuk membangun kembali komunikasi dan kepercayaan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel