-->

China Janjikan Hubungan Perdagangan yang Lebih Erat dengan Vietnam


BEIJING, LELEMUKU.COM - Menteri Perdagangan China Wang Wentao berjanji untuk memperat hubungan perdagangan bilateral dengan Vietnam dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Kota Ho Chi Minh pada Sabtu (25/11), kata Kementerian Perdagangan China.

Wang menyatakan bahwa kerja sama perdagangan China-Vietnam mencapai "hasil yang memuaskan" dan akan mencakup bidang strategis seperti ekonomi digital, pembangunan berkelanjutan, dan perdagangan elektronik lintas batas, menurut ringkasan yang diterbitkan pada Sabtu (25/11) malam oleh Kementerian Perdagangan China.

China dan Amerika Serikat (AS) berebut pengaruh di antara negara-negara Asia Tenggara termasuk Vietnam. Ho Chi Min pada September meningkatkan hubungannya dengan Washington menjadi kemitraan strategis yang komprehensif. Kemitraan tersebut menempatkan AS menjadi setara dengan Beijing dan Moskow dalam menjalin hubungan bilateral.

Wakil Menteri Luar Negeri China Sun Weidong mengadakan "percakapan terbuka dan ramah" tentang hubungan bilateral, perbatasan darat, dan masalah maritim dengan Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Nguyen Minh Vu di Hanoi pada awal bulan ini.

Sejumlah sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters pada bulan lalu bahwa para pejabat Vietnam dan China sedang mempersiapkan kemungkinan kunjungan kenegaraan Presiden China Xi Jinping ke Hanoi pada akhir Oktober atau awal November. Namun tiga diplomat yang berbasis di Hanoi kemudian mengatakan bahwa kunjungan tersebut kemungkinan akan ditunda sampai Desember.

Wang juga bertemu dengan Sekretaris Partai Komunis Vietnam di Kota Ho Chi Minh, Nguyen Van Nen pada Sabtu (25/11), kata Kementerian Perdagangan China. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel