-->

Ayatollah Ali Khamenei Bertemu Ismail Haniyeh di Teheran


IRAN, LELEMUKU.COM - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah bertemu dengan pemimpin  Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, media pemerintah Iran melaporkan pada hari Minggu,  5 November 2023, sehari setelah seorang pejabat Hamas mengatakan mereka mengadakan pertemuan dalam beberapa hari terakhir.

Media pemerintah Iran mengatakan Haniyeh, yang tinggal di antara Qatar dan Turki sejak 2019, “memberi pengarahan kepada Khamenei tentang perkembangan terkini di Jalur Gaza dan kejahatan rezim Zionis di Gaza, serta perkembangan di Tepi Barat”.

Republik Islam mengatakan mendukung Hamas namun tidak memainkan peran apa pun dalam serangan mendadak militan tersebut terhadap Israel 7 Oktober 2023.

“Ayatollah Khamenei memuji ketabahan dan ketangguhan masyarakat Gaza dan menyatakan penyesalan yang mendalam atas kejahatan rezim Zionis, yang didukung langsung oleh Washington dan beberapa negara Barat,” demikian siaran TV pemerintah Iran.

Tanpa merinci kapan pertemuan itu berlangsung, kantor berita Iran, Tasnim, mengatakan bahwa pejabat tinggi negara itu, Khamenei, "menekankan kebijakan konsisten Teheran dalam mendukung kekuatan perlawanan Palestina melawan penjajah Zionis".

Kelompok ulama Iran telah memperingatkan Israel, akan “konsekuensi keras” jika serangan terus berlanjut di Jalur Gaza.

Dalam kesematan terpisah, Menteri Pertahanan Iran Mohammad-Reza Ashtiani mengatakan,  Amerika Serikat akan “terpukul keras” jika Washington tidak menerapkan gencatan senjata di Gaza. “Saran kami kepada Amerika adalah segera menghentikan perang di Gaza dan menerapkan gencatan senjata, jika tidak mereka akan terkena dampak paling parah,” katanya.

Setelah serangan mendadak Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, Israel berusaha mengalahkan kelompok militan tersebut.

Iran menganggap AS "terlibat secara militer" dalam konflik tersebut. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel