-->

Atasi Harga Cabet Meroket, Pemkot Ambon Gelar Operasi Pasar


AMBON, LELEMUKU.COM - Mengatasi harga cabe rawit yang meroket, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Operasi Pasar, Senin (20/11/23) di Pasar Mardika.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Josi Loppies, ketika ditemui usai Operasi Pasar dimaksud, menjelaskan apa yang dilakukan bertujuan untuk intervensi harga Cabe Rawit di pasaran yang per kilogramnya (Kg) mencapai Rp 100 – 110 ribu.

“Kita mencoba melakukan negosiasi dengan pedagang di pasar Batu Merah sehingga kita ambil Rp 95 ribu/kg dan kita lepas dengan harga Rp 70 Ribu/kg, dibawah harga pasar, artinya Pemkot subsidi Rp 25 ribu,” jelasnya di Balai Kota.

Diakuinya, kenaikan harga Cabe Rawit di disebabkan kekurangan produksi dari petani di Ambon, sehingga harus diambil dari luar kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Buru, bahkan hingga Makassar.

“Jadi stoknya memang kurang, dan kalau ada, biasanya pedangang juga pintar karena mereka menjual ke tempat lain di luar Ambon, sehingga membuat harga di pengecer makin tinggi,” bebernya.

Loppies menerangkan, Operasi Pasar yang dilakukan pihaknya akan berlangsung satu minggu kedepan, untuk membantu menstabilkan harga. Tidak hanya Cabe Rawit, namun bahan – bahan pokok lainnya juga turut disubsidi pemerintah, agar masyarakat dapat membeli dengan harga murah, dibawah harga pasar.

“Tentunya kita akan lakukan kerjasama dengan Bulog dan distributor lainnya, sehingga Operasi Pasar dapat terus berlangsung,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain Cabe Rawit, bahan kebutuhan pokok yang dijual dalam Operasi Pasar yang digelar antara lain Beras Bulog Premium Rp 55 Ribu, Gula Rp 12 Ribu/Kg, Minyak Goreng Rp 14 Ribu/Kg, Telur Rp 50 Ribu/Rak, Bawang Putih Rp 30 Ribu/Kg; Bawang Merah Rp 20 Ribu/Kg, serta Cabe Keriting Rp 40 Ribu/Kg. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel