-->

Rusia Kirim 27 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Jalur Gaza


MOSKOW, LELEMUKU.COM - Rusia mengumumkan bahwa mereka akan mengirimkan 27 ton bantuan kemanusiaan kepada penduduk Jalur Gaza di tengah konflik perang yang sedang berlangsung antara Hamas dan Israel di wilayah tersebut. “Bantuan ini diselenggarakan atas arahan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dan atas nama Pemerintah Federasi Rusia,” kata pernyataan Kementerian Situasi Darurat negara itu melalui Telegram pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Bantuan akan dikirimkan melalui sebuah pesawat khusus yang lepas landas dari Moskow menuju bandara El-Arish di Semenanjung Sinai Mesir. Bantuan berupa tepung, gula, beras, dan pasta.

“Bantuan kemanusiaan Rusia akan diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir untuk dikirim ke Jalur Gaza,” ujar pernyataan itu.

Gaza saat ini mengalami krisis kemanusiaan yang parah karena tidak adanya listrik. Air, makanan, bahan bakar, dan pasokan medis hampir habis.

Perang dimulai pada 7 Oktober 2023 ketika kelompok Hamas Palestina memulai Operasi Banjir Al-Aqsa, sebuah serangan mendadak multi-cabang yang mencakup serangkaian peluncuran roket dan infiltrasi ke Israel melalui darat, laut dan udara. Menurut Hamas serangan tersebut merupakan pembalasan atas penyerbuan Masjid Al-Aqsa dan meningkatnya kekerasan yang dilakukan pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi yang menyasar Hamas di Jalur Gaza.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera untuk meringankan penderitaan besar umat manusia.

Serangan Israel tak kunjung reda. Yang terbaru adalah Israel menyerang rumah sakit kristen Al-Ahli di Gaza. Ratusan orang tewas akibat serangan tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan masa berkabung selama tiga hari atas serangan mematikan Israel itu. "Masa berkabung nasional untuk menghormati ribuan martir, yang sebagian besar adalah anak-anak dan warga sipil yang tidak bersalah,” kata Erdogan di media sosial X. “Sebagai orang Turki, kami merasakan penderitaan besar saudara-saudari Palestina di hati kami,” ujar Erdogan.

Serangan Israel sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 3.478 warga Palestina dan melukai 13.000 orang. Satu juta warga Palestina juga harus mengungsi di wilayah pesisir akibat berkurangnya pasokan air, bahan bakar, dan makanan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel