-->

Restoran-restoran Korut di China Tolak Layani Pelanggan dari Korsel


BEIJING, LELEMUKU.COM - Warga Korea Selatan yang berharap untuk mencicipi masakan asli Korea Utara di luar negeri mungkin kurang beruntung. Pasalnya restoran-restoran yang dikelola Pyongyang di seluruh China utara mengatakan bahwa mereka akan menolak melayani rekan-rekan mereka yang disebut sebagai kapitalis.

Restoran-restoran yang dikelola Korea Utara tersebut tersebar di seluruh China dan Asia Tenggara. Mereka menyajikan kuliner utama seperti mie dingin dan pancake kimchi kepada pelanggan yang biasanya lebih tertarik pada faktor keunikan daripada kulinernya.

Para pelayan yang dipilih secara khusus dari kalangan elite negara tersebut karena kesetiaan mereka, dan seringkali tampil dengan pertunjukan musik untuk pelanggan. Mereka merupakan salah satu sumber dana utama bagi Pyongyang.

Dan bagi masyarakat Korea Selatan, restoran tersebut telah lama menawarkan kesempatan unik untuk makan bersama musuh lama mereka saat berada di luar negeri -- dan menikmati lagu serta tarian yang meriah.

Namun, belasan cabang restoran Korea Utara di China, mulai dari restoran di Ibu Kota Beijing hingga kota-kota di perbatasan, mengatakan kepada AFP bahwa mereka tidak akan melayani warga Korea Selatan.

“Peraturan ini mulai berlaku tahun ini,” kata salah satu staf China di Restoran Ryugyong di Dandong, yang letaknya sangat dekat dengan negara yang terisolasi secara diplomatis tersebut.

“Kami harus mematuhinya,” kata anggota staf yang tidak menyebutkan namanya.

“Ada peraturan dari Kedutaan Korea Utara: Tidak ada satu pun restoran Korea Utara di Dandong yang diizinkan melayani warga Korea Selatan,” tukasnya.

Sangat Bermusuhan

Sementara itu, peraturan tersebut tampaknya diterapkan secara tidak konsisten: restoran-restoran yang disurvei oleh AFP di Shanghai, Changchun dan Hanoi di negara tetangga Vietnam mengatakan bahwa mereka tidak mempermasalahkan pelanggan asal Korea Selatan yang makan di sana.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel