-->

Pemprov Papua Gandeng Griya Anyar Dewata Bali Latih Teknik Ecoprint Bagi Masyarakat Adat

Pemprov Papua Gandeng Griya Anyar Dewata Bali Latih Teknik Eco-Print di Sentani

SENTANI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Papua mengandeng Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) Griya Anyar Dewata yang bergerak di bidang craft/kriya/fashion produk berupa pencetakan Ecoprint di kain dan kulit kayu dengan bahan dan pewarna alami dalam pelatihan pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) teknik dan menjahit ecoprint.

Pelatihan teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang sederhana dan menghasilkan motif yang unik serta otentik  tersebut dilakukan pada tanggal 4 hingga 8 Oktober 2023 di Suni Garden Lake & Resort Sentani, Kabupaten Jayapura dengan melibatkan ibu-ibu dari Distrik Sentani Barat, Sentani Timur, Depapre, Yokari, Namblong, Kemtuk, Ebungfauw dan Nimboran. 

Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan dan Lingkungan Hidup Jan Jap Ormuseray, SH., M.Si mengatakan kegiatan itu digelar dalam rangka pemberdayaan masyarakat adat Papua guna pemanfaatan HHBK menjadi produk bernilai ekonomis dan meningkatkan pendapatan ekonomi. 

“Sehingga mereka punya ilmu dan pengetahuan serta keterampilan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar mereka dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata dia. 

Selanjutnya, Tim Pelatih dari Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) Griya Anyar Dewata, Ni Nyoman Yeni Susanti, S.Hut menyambut baik kolaborasi tersebut dengan memuji potensi HHBK alam Papua. 

Menurutnya Papua sangat kaya dengan hasil hutannya, seperti rotan dan kulit kayu yang sangat diminati baik turis local dan maupun mancanegara.  

Ia pun berharap pelatihan tentang pengenalan HHBK, praktek teknik ecoprint dan praktek menjahit tas, dompet, topi, baju dengan menggunakan kombinasi antara batik ecoprint dengan kulit kayu dapat berjalan dengan baik dan mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.   

“Mudah-mudahan menjadikan potensi yang luar biasa karena potensi disini bagus dan meningkatkan sumber daya manusia local yang mampu berinovasi,” harap Yeni. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel