-->

Ini Alasan Golkar Usung Gibran Rakabuming Raka sebagai Bacawapres Prabowo Subianto


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Partai Golkar resmi mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bacawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Keputusan itu ditetapkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar pada hari ini, Sabtu, 21 Oktober 2023.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo dan ini untuk dibawa dalam pertemuan forum ketua umum partai," kata Airlangga di DPP Partai Golkar, Sabtu, 21 Oktober 2023.
Alasan Golkar usung Gibran

Airlangga mengungkapkan alasannya mengusulkan Gibran menjadi bacawapres adalah untuk menjaring calon pemilih muda, karena pasangan capres-cawapres lain kita lihat usianya diatas 50 tahun.

Dia meyakini Gibran, sosok muda yang mampu mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.
"Jumlah populasi generasi muda saat ini 53 persen, kami berharap Mas Gibran bisa memanfaatkan bonus demografi ini," kata Airlangga.

Selain itu, Airlangga menyebut bahwa Golkar suka pemimpin muda yang usianya di bawah 40 tahun, salah satunya Gibran. Sedangkan untuk Prabowo, Airlangga menyebutnya masuk ke kategori kedua yang disukai Golkar, yakni usia 40 plus-plus.

"Kenapa Golkar suka under 40 karena dimulai fourty dimulai dengan angka 4 dan Partai Golkar nomor 4. Bagi Partai Golkar hanya ada dua definisi anggota dan aktivis partai, satu under fourty yang kedua fourty plus-plus. Jadi Pak Prabowo adalah fourty plus-plus," ucapnya.

Airlangga juga menyebut Indonesia memiliki sejarah dipimpin oleh anak muda pada zaman pascakemerdekaan. Sutan Sjahrir, kata Airlangga, pada waktu itu under 40 dan sukses bersama Soekarno-Hatta.

“Kenapa Partai Golkar berpikir anak muda kita punya sejarah contohnya Sutan Sjahrir menjadi PM pertama sejak Indonesia diproklamirkan Soekarno-Hatta, umur Sutan 36 tahun dan Sutan adalah kepala eksekutif atau kepala pemerintahan. Jadi kalau Sutan Sjahrir bisa, maka saya yakin under 40 anak muda kita juga siap mendampingi Bapak Prabowo," kata Airlangga dalam pidatonya.

 Airlangga sebelumnya mengumumkan Partai Golkar mendukung dan mengusulkan Gibran sebagai bacawapres Prabowo di Rapimnas yang digelar di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Airlangga bertanya kepada para kader yang hadir apakah setuju jika mendukung Gibran sebagai bacawapres Prabowo.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan para Ketua DPD tadi malam Pak, kami rapat cukup lama, cukup hangat tapi semuanya konsensus mengusulkan, saya tanya dulu mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres Republik Indonesia," kata Airlangga di hadapan Prabowo yang hadir pada kesempatan itu.

"Apakah setuju?" tanya Airlangga yang dijawab setuju oleh para kader Golkar.

Airlangga lantas memutuskan jika kader Partai Golkar sepakat mendukung Gibran. Airlangga pun mengetuk palu sebanyak tiga kali dan hasil Rapimnas pun disetujui semua pihak.
Gibran terima mandat

Airlangga menyerahkan langsung hasil keputusan Rapimnas tentang usulan bacawapres kepada Gibran.

"Kami siap lahir batin memenangkan Mas Gibran," kata Airlangga saat menyerahkan hasil keputusan Rapimnas kepada Gibran.

Menanggapi itu, putera sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar yang telah mengusungnya menjadi bacawapres.

"Terima kasih kepada keluarga besar Golkar saya sangat mengapresiasi hasil rapim," kata Gibran.

Gibran mengatakan, sikapnya selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindak lanjuti bersama dengan Pak Prabowo," kata Gibran. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel