-->

Buka Pelatihan Jurnalistik, Bodewin Wattimena Ungkap Peran Pers Bagi Kota Ambon


AMBON, LELEMUKU.COM - Pers memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan suatu daerah. Oleh sebab itu dibutuhkan wartawan/ jurnalis yang profesional yang dapat mendukung peran tersebut.

Demikian disampaikan Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena ketika membuuka Pelatihan Jurnalistik Dasar, yang dilaksanakan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Maluku  berkerjasama dengan Maluku Media Center (MMC) di  News Rock Cafe – Desa Poka, Sabtu (7/10/23).

“Karena pentingnya pers bagi kemajuan satu daerah, maka di tangan wartawan/ jurnalis, kota itu bergantung. Kota bisa maju tergantung pers dapat mengedukasi masyarakat, memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kebijakan yang diklakjukan pemerintah, tetapi sekaligus menjadi wahana, memberikan interupsi, kritik, saran, masukan, dalam rangka perbaikan setiap kebijakan yang dilakukan,” ungkapnya.

Menurut Wattimena, wartawan yang profesional dapat menciptakan pemberitaan yang obyektif dan sesuai fakta yang ada. Upaya untuk melahirkan wartawan seperti itu tidak secara instanm namun melalui pelatihan – pelatuhan Jurnalistik yang digelar oleh berbagai organisasi salah satunya JMSI Maluku.

“Pelatihan Jurnalistik, baik dasar, lanjutan dan sebagainya intinya adalah berupata membentuk kapasitas wartawan, minimal memahami kondisi kenyataan, bagaimana menulis berita yang baik dan benar, hingga menyajikan berita yang  bisa dibaca masyarakat,” bebernya.

Diakuinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tidak pernah anti kritik dan menutup diri dari masukan dan koreksi yang diberikan oleh Pers. Upaya itu, kata Wattimena untuk menyempurnakan tugas pokok dan fungsi Pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Pemerintah selama ini berupaya memberikan ruang yang cukup bagi wartawan/jurnalis bukan bermaksud untuk intervensi profesi wartawan, tetapi untuk membangun kolaborasi bersama dalam menciptakan situasi yang kondusif lewat pemberitaan,” tandasnya.

Wattimena berharap lewat pelatihan Jurnalistik dasar ini dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan kapasitas para wartawan pemula, sehingga dapat meklaksanakan tugas dan fungsinya secara baik.

Untuk diketahui, Pelatihan Jurnalistik Dasar dengan tema “ Media Sehat, Demokrasi Kuat, Maluku Hebat” ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel