-->

Penasihat Keamanan Nasional AS Bertemu Menlu Cina, Wang Yi


WASHINGTON, LELEMUKU.COM  - Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi di Malta akhir pekan ini, kata Beijing dan Washington pada Minggu, 17 September 2023, ketika dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia berupaya menstabilkan hubungan yang bermasalah.

Kedua belah pihak mengadakan pembicaraan yang “terus terang, substantif dan konstruktif” dalam beberapa pertemuan yang diadakan pada 16-17 September, menurut pernyataan terpisah dari Gedung Putih dan Kementerian Luar Negeri Cina yang diterbitkan pada Minggu.

Pertemuan Sullivan dengan Wang adalah yang terbaru dari serangkaian diskusi tingkat tinggi antara pejabat AS dan Cina yang dapat menjadi landasan bagi pertemuan Presiden Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jinping pada akhir tahun ini.

Sullivan terakhir kali bertemu Wang di Wina pada Mei.

Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk mempertahankan pertukaran tingkat tinggi dan mengadakan konsultasi bilateral mengenai urusan Asia-Pasifik, urusan maritim, dan kebijakan luar negeri.

Gedung Putih menambahkan bahwa kedua belah pihak “berkomitmen untuk mempertahankan saluran komunikasi strategis ini dan untuk melakukan keterlibatan dan konsultasi tingkat tinggi tambahan di bidang-bidang utama… dalam beberapa bulan mendatang”.

Washington mengatakan Sullivan “mencatat pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”, sementara Wang memperingatkan Amerika Serikat bahwa masalah Taiwan adalah “garis merah pertama yang tidak dapat diatasi dalam hubungan Cina-AS”, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Cina.

Biden bulan ini menyatakan kekecewaannya karena Xi melewatkan pertemuan puncak para pemimpin G20 di India, namun mengatakan dia akan “bertemu dengannya.” Peluang berikutnya bagi Biden untuk mengadakan pembicaraan dengan Xi adalah pertemuan puncak Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di San Francisco pada November.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan Menteri Keuangan Janet Yellen telah melakukan perjalanan ke Cina tahun ini untuk memastikan kelanjutan komunikasi antara kedua negara di tengah ketegangan yang berkobar setelah militer AS menembak jatuh balon mata-mata Cina yang melintasi Amerika Serikat .

Biden dan Xi terakhir kali bertemu pada 2022 di sela-sela KTT G20 di pulau resor Bali, Indonesia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel