-->

Karnaval Budaya ‘Noken Street Fashion’ Akhiri FBLB dan Sambut HUT ke-78 RI

Karnaval Budaya ‘Noken Street Fashion’ Akhiri Rangkaian FBLB dan Sambut HUT ke-78 RI

WAMENA, LELEMUKU.COM – Event karnaval budaya ‘Noken Street Fashion’ yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) ke-31 Tahun 2023 berjalan sangat meriah di Tugu Salib yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Wamena dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI). 

Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, John Richard Banua mengatakan walau karnaval tersebut bertemakan Noken Street Fashion, namun tetap memberikan ruang kepada kebudayaan nusantara untuk ikut bergabung sebagai bentuk penghormatan atas perbedaan, yaitu ‘Bhineka Tunggal Ika’ dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Perbedaan itu menjadi satu kekuatan dalam mengisi kemerdekaan sampai yang ke-78 tahun 2023 ini,” kata dia pada Kamis, 10 Agustus 2023. 

Seluruh paguyuban di Jayawijaya, pertunjukkan bela diri dari masing-masing cabang olahraga, diakhiri dengan mobil hias dari organisasi masyarakat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jayawijaya.

Selanjutnya acara dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo dengan meminta kepada seluruh masyarakat selalu berdoa agar pelaksanaan kegiatan tahunan yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 tersebut bisa berjalan dengan baik.

“Dengan Tuhan Yesus Kristus, Allah Tuhan Yang Maha Kuasa saya membuka kegiatan ini berjalan dengan lancar amin,” sebut dia.

Kegiatan itu diawali dengan karnaval siswa Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) serta Perguruan Tinggi.

Seluruh paguyuban di Jayawijaya, pertunjukkan bela diri dari masing-masing cabang olahraga, diakhiri dengan mobil hias dari organisasi masyarakat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jayawijaya.

Disusul seluruh paguyuban di Jayawijaya, pertunjukkan bela diri dari masing-masing cabang olahraga, diakhiri dengan mobil hias dari organisasi masyarakat dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Jayawijaya.
 
Selanjutnya, pertunjukkan busana noken, dimana generasi muda Jayawijaya tampil sebagai perancang mode dengan menggunakan busana berbahan noken dari kayu kulit asli yang  memberikan nuansa modern dan memiliki daya tarik yang istimewa.

Terlihat kehadiran Forum Komunikas Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan turis domestik juga mancanegara pun menikmati show tersebut. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel