-->

Gagal Bentuk Pemerintahan, Partai Move Forward Pemenang Pemilu Thailand Dikeluarkan dari Aliansi


BANGKOK, LELEMUKU.COM - Partai Move Forward, pemenang pemilu Thailand, tidak lagi menjadi bagian dari koalisi delapan partai yang ingin membentuk pemerintahan setelah pemilihan umum Mei.

Salah satu pemimpin partai di aliansi tersebut, Chaowarit Khajohnpongkira memastikan ini. "Pheu Thai menelepon kami untuk memberi tahu kami bahwa delapan partai tidak lagi mencakup Forward," kata Ketua partai Palang Sakom Mai itu kepada Reuters, dilansir pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Partai Move Forward memimpin upaya membentuk aliansi setelah pemilihan 14 Mei 2023. Mereka dua kali berusaha untuk mendorong pemimpinnya, Pita Limjaroenrat, dipilih sebagai perdana menteri oleh parlemen.

Usaha Pita untuk jadi perdana menteri diblokir oleh lawan konservatif dan Senat majelis tinggi yang ditunjuk militer. Juru bicara Move Forward mengatakan partai akan berkomentar setelah anggota parlemennya bertemu pada Rabu.

Perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara itu berada dalam ketidakpastian politik sejak Partai Move Forward yang progresif muncul sebagai partai terbesar pemenang pemilu, diikuti oleh partai populis Pheu Thai.

Ketua parlemen Thailand akhir bulan lalu menunda pemungutan suara oleh dua majelis legislatif untuk perdana menteri berikutnya.

Di bawah konstitusi rancangan militer, perdana menteri berikutnya harus mendapatkan lebih dari setengah suara di badan legislatif, yang mencakup 249 anggota yang ditunjuk junta setelah merebut kekuasaan pada 2014. Mereka memihak partai konservatif.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel