-->

Festival Budaya Lembah Baliem termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf

Festival Budaya Lembah Baliem termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf

WAMENA, LELEMUKU.COM - Festival Budaya Lembah Baliem termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara atau KEN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurleni Ukar disela-sela pembukaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) Ke-31, yang berlangsung di kampung Wosiala Kabupaten Jayawijaya, Senin (7/08/2023).

“Event ini (FBLB) termasuk ke dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) bersaing dengan 110 event lain se Indonesia. Selamat untuk kabupaten Jayawijaya,” ungkapnya.

Kharisma Event Nusantara atau KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan kreatif.

Kemenparekraf sendiri menyambut baik terselenggaranya kembali event ini setelah sempat terhenti akibat pandemic Covid-19, menurutnya event ini adalah even kebanggaan masyarakat Jayawijaya yang sangat terkenal dan ditunggu-tunggu.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah kabupaten jayawijaya baik provinsi papua pegunungan, dinas pariwisata kabupaten dan provinsi, dan seluruh pihak yang telah berkolaborasi demi kesuksesan event ini,” ujarnya.

Lanjutnya, FBLB merupakan event yang melestarikan budaya suku-suku asli di kabupaten jayawijaya berupa atraksi perang suku, tari-tarian, permainan ketangkasan tradisional, serta atraksi memasak makanan secara tradisional seperti Bakar Batu.

Hal ini juga ditunjang dengan historinomik yang mengedepankan narasi dan konten kreatif dipadukan dengan pola perjalanan wisatawan dengan interpretasi yang sangat menarik, sehingga berhasil menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca negara. (Diskominfo Jayawijaya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel