-->

Esau Miram Buka Festival Budaya Yahukimo Tahun 2023

Esau Miram Buka Festival Budaya Yahukimo Tahun 2023.lelemuku.com.jpg

DEKAI, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Esau Miram membukan secara resmi Festival Budaya Yahukimo tahun 2023 pada Senin 14 Agustus 2023 siang.

Wabup menyampaikan sambutannya dengan penuh antusiasme di hadapan ribuan warga setempat yang berkumpul di Lapangan. Miram menekankan pentingnya menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya daerah untuk mendorong kemajuan pariwisata dan ekonomi. Ia bersama Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli serius menyoroti nilai-nilai budaya sebagai fondasi yang harus dijaga dengan baik. 

"Grup tari maupun peserta festival Kabupaten Yahukimo yang hadir, kita harus mengangkat budaya kita dengan festival dengan baik. Supaya kita sama dengan daerah lain seperti Provinsi Yogyakarta dan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan dan menjadi penyokong ekonomi dan pembangunan bagi daerahnya," kata Miram.

Kabupaten Yahukimo memiliki kekayaan budaya yang terdiri dari 12 suku dengan ragam budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Merim menggarisbawahi potensi besar ini yang harus dikembangkan untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

"Kita gali dan kembangkan bersama-sama, jangan sampai potensi yang ada ini menjadi sia-sia karena kita hanya berdiam diri. Hadirin dan para peserta grup tari yang saya hormati, semua pihak harus bersama-sama saling mendukung dan bergerak dalam energi kita yang sama," tegasnya.

Esau Miram juga mengingatkan pentingnya pengembangan ekonomi kreatif dalam menjaga budaya dan pariwisata. 

"Pengembangan ekonomi kreatif dan para pelaku ekonomi kreatif yang sudah dimulai tumbuh oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait agar mereka terus tumbuh dan berkembang menunjang sektor pariwisata," jelasnya.

Terkait dengan infrastruktur pendukung pariwisata, Pemerintah Daerah Kabupaten Yahukimo telah dan akan terus mempersiapkan berbagai fasilitas seperti bandar udara, pelabuhan, jaringan telekomunikasi, hotel, dan restoran. Merim menekankan bahwa pemerintah akan memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan ini demi mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Esau Miram juga berbicara tentang pengaruh modernisasi dan globalisasi terhadap generasi muda. Ia menekankan pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya dalam era perkembangan teknologi yang begitu pesat. 

"Kita harus pelihara dan juga kita punya potensi yang lain. Tinggal bagaimana potensi ini kita akan kembangkan," tegasnya.

Wakil Bupati Yahukimo juga berharap Festival Budaya Yahukimo akan mendapatkan perhatian lebih di tingkat nasional dan internasional. 

"Kita akan mempersiapkan dokumentasi dan juga semua data yang dibutuhkan sehingga kedepannya terdaftar di kalender resmi pariwisata Indonesia. Ini akan mempromosikan Kabupaten Yahukimo dan memberikan dampak positif pada pengembangan ekonomi dan pariwisata lokal," ujarnya dengan optimis.

Dalam akhir sambutannya, Esau Merim menyampaikan harapannya agar semua pihak, termasuk OPD dan masyarakat Kabupaten Yahukimo, saling mendukung dalam menjaga dan mempertahankan budaya yang kaya dan beragam. 

"Saya berharap festival budaya atau 12 suku di Kabupaten Yahukimo akan terus berkembang dan mendapatkan dukungan yang kuat dari semua elemen masyarakat. Demikian akhir dari sambutan ini dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kegiatan festival budaya dan karnaval Kabupaten Yahukimo tahun 2023," tutup Miram, disambut sorak-sorai antusias dari hadirin. (Ester)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel