-->

Budayakan Gemar Membaca, Dinas PerpusatakaaN dan Kearsipan Kota Ambon Gelar Lomba Bertutu


AMBON, LELEMUKU.COM - Guna membudayakan gemar membaca bagi generasi muda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon menggelar berbagai kegiatan lomba, diantaranya Lomba Bertutur bagi Siswa Kelas V dan VI Sekolah Dasar (SD), yang dilaksanakan, Senin (28/8/23) di Hotel Golden Palace.

Kegiatan yang juga merupakan rangkaian agenda perayaan HUT Ke-448, Kota Ambon itu, dibuka oleh Pj. Wali Kota, Bodewin M. Wattimena yang dalam sambutannya memberi apresiasi atas pelaksanaan program yang bernilai penting dan strategis.

Dikatakan, perkembangan zaman saat ini telah membuat anak – anak kurang gemar membaca buku, padahal buku adalah jendela dunia, dimana dengan membaca maka anak – anak akan mengetahui banyak hal.

“Anak – anak kita, generasi muda lebih banyak tersita waktunya dengan gadget, handpone, yang tidak bisa kita hindari. Akibatnya banyak kegiatan yang terpelihara sejak dulu seperti membaca buku mulai tereliminasi,” ungkapnya.

Menurutnya, pada tahun 2035 – 2045 nanti, bangsa Indonesia akan mengalami Bonus Demografi, dimana usia produktif akan lebih besar jumlahnya dari usia non produktif, sehingga diharapkan agar usia produktif dapat diisi oleh anak – anak bangsa yang bekualitas, memiliki kemampuan intelektualitas tinggi, dan karakter yang baik. Sehingga, tongkat estafet pemerintahan dapat diserahkan kepada mereka.

“Oleh sebab itu tugas kita sebagai orang tua dan guru, mempersiapkan dengan baik. Karena itu menjelang HUT Ke 448 Kota Ambon, saya minta fokus pada kegiatan yang mengedukasi warga kota ini, salah satunya Membudayakan Gemar Membaca dengan bebagai lomba,” ungkapnya.

Ditambahkan Wattimena, semua lomba yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan ini, membangun kreativitas dan selalu dalam upaya gemar membaca, tidak saja untuk mengetahui sesuatu, tetapi juga mengembangkan wawasan, dan memacu diri lebih baik.

Dirinyapun berharap, seiring dengan perkembangan zaman, maka Dinas Perpsutakaan dan Kearsipan dapat mengoptimalkan Perpustakaan digital yang dimiliki agar dapat menjadi rujukan siswa dalam mengakses buku – buku bacaan.

Untuk Diketahui, selain Lomba Bertutur yang diikuti oleh 70 Peserta, juga ada lomba Pidato bagi kelas VII dan VIII SMP (54 peserta) Lomba Esai (30 peserta) duta baca (18 pesrta ) resensi buku (24 peserta) dan Lomba Mendongeng bagi Guru PAUD (7 peserta), dan Lomba bercerita menggunakan gambar bagi guru TK (5 peserta). Seluruh pelaksanaan lomba dilaksanakan 28 – 31 Agustus 2023. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel