-->

Anthony Blinken Ucapkan Selamat HUT RI ke-78


WASHINGTON, LELEMUKU.COM -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Kamis, 17 Agustus 2023, mengucapkan selamat HUT RI ke-78 kepada rakyat Indonesia. Blinken mengirimkan doa yang terbaik kepada rakyat Indonesia dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang meriah ini.  

Dalam keterangan tertulis, Blinken menyebut  Amerika Serikat dan Indonesia menikmati kemitraan strategis yang kuat yang ditegaskan oleh komitmen bersama terhadap demokrasi dan hubungan erat antara rakyat kedua negara. Pihaknya pun memuji upaya Indonesia dalam mendorong pertumbuhan dan membangun masa depan yang tangguh melalui kepemimpinan ASEAN tahun ini.

Blinken telah berpartisipasi dalam U.S.-ASEAN Post-Ministerial Conference, East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting, dan ASEAN Regional Forum, serta pertemuan U.S.-Indonesia Strategic Dialogue, di Jakarta pada Juli 2023 lalu. Amerika Serikat menantikan berbagai kolaborasi di tahun-tahun mendatang seraya bersama-sama menuju Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, stabil, dan makmur.

Hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat terus berkembang. Pada 2022 lalu, Kementerian Amerika Serikat memimpin delegasi perwakilan bisnis Amerika Serikat (AS) yang akan menjajaki peluang kerja sama dan kolaborasi baru di pasar Indonesia. Hal ini bagian dari misi pengembangan bisnis 'clean EDGE Asia' untuk mempercepat transisi energi bersih di Asia.  

Kunjungan delegasi Kementerian Perdagangan Amerika Serikat itu merupakan kunjungan pertama misi perdagangan pemerintah Amerika ke kawasan Asia, setelah penandatanganan bersejarah kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity, atau IPEF) oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Jokowi, dan pemimpin lainnya di kawasan.

IPEF terdiri dari Amerika Serikat, Indonesia, dan 13 negara mitra lainnya. Misi ini bertujuan untuk mendukung dan mempercepat transisi energi bersih di Asia dengan menggunakan keahlian dan sumber daya sektor publik dan swasta Amerika. Misi ini akan menghimpun perusahaan-perusahaan ternama dari Negeri Abang Sam di bidang energi terbarukan yang bergerak dalam pengembangan energi surya, tenaga angin, biomassa, dan bentuk-bentuk energi terbarukan lainnya serta mempertemukan mereka dengan mitra-mitra Indonesia dari sektor energi dan para pengambil keputusan di pemerintahan.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel