-->

Kim Jong Un Ajak Sergei Shoigu Saksikan Parade Militer Korea Utara


PYONGYANG, LELEMUKU.COM - Pejabat Cina dan Rusia berdiri bersama Kim Jong Un ketika mereka meninjau rudal berkemampuan nuklir terbaru Korea Utara dan drone serangan baru dalam parade militer di Pyongyang, media pemerintah Korea Utara menunjukkan pada Jumat 28 Juli 2023.

Parade yang digelar pada Kamis malam tersebut untuk memperingati 70 tahun peringatan akhir Perang Korea, dirayakan di Korea Utara sebagai "Hari Kemenangan".

Kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu adalah yang pertama oleh pejabat tinggi pertahanan Moskow sejak pecahnya Uni Soviet pada 1991. Sedangkan delegasi Cina adalah delegasi pertama negara tersebut sejak pandemi COVID-19 dimulai.

Undangan Korea Utara kepada delegasi Rusia dan Cina merupakan pembukaan diplomatik yang langka sejak dimulainya pandemi COVID-19. Para ahli mengatakan Kim berusaha keluar dari isolasi diplomatik dan meningkatkan visibilitas kemitraannya dengan sekutu otoriter untuk melawan tekanan dari Amerika Serikat.

Kim menghadiri parade pada Kamis malam bersama Shoigu dan anggota Politbiro Partai Komunis Cina Li Hongzhong dari balkon yang menghadap ke Lapangan Kim Il Sung yang terang benderang. Balkon itu dinamai menurut nama kakek Kim, pendiri Korea Utara.

Kim, Shoigu dan Li berbicara, tertawa dan memberi hormat ketika pasukan Korea Utara berbaris, foto yang dirilis oleh media pemerintah Korea Utara menunjukkan.

Acara utama dimulai dengan kedatangan Kim di alun-alun dengan limusin yang dikawal oleh barisan sepeda motor. Kim memberi hormat kepada penjaga kehormatan dan pejabat militer dan berjalan menyusuri karpet merah untuk memasuki gedung tempat Shoigu dan Li menyambutnya di balkon, saat pasukan di bawah meneriakkan "lindungi Kim Jong Un dengan nyawa kami!"

Penyelenggara menyiarkan pesan dalam bahasa Rusia, Cina, dan Korea sambil memperkenalkan tamu Kim kepada orang banyak, mengundang sorakan dan tepuk tangan. Cuplikan yang diedit dari televisi pemerintah Korea Utara menunjukkan jalan-jalan dan tribun dipenuhi dengan puluhan ribu penonton yang dimobilisasi, yang berteriak ketika gelombang tentara, tank, dan rudal balistik antarbenua besar didorong keluar dari truk peluncur.

Saat pawai berlangsung, Kim terus berbicara dan bertukar senyum dengan Shoigu dan Li, yang masing-masing berdiri di kanan dan kiri di tengah balkon. Kim dan Shoigu berulang kali mengangkat tangan untuk memberi hormat kepada pasukan parade. Namun, siaran itu tidak menunjukkan Kim berpidato.

Senjata terbesar Kim disimpan untuk akhir, ketika pasukannya meluncurkan ICBM baru yang telah diuji terbang dalam beberapa bulan terakhir dan menunjukkan jangkauan yang dapat mencapai jauh ke daratan Amerika Serikat, Hwasong-17 dan Hwasong-18. Beberapa analis mengatakan rudal itu didasarkan pada desain atau pengetahuan Rusia.

Penampilan delegasi Rusia dan Cina di acara-acara dengan rudal nuklir Korea Utara – yang dilarang oleh Dewan Keamanan PBB dengan dukungan Cina dan Rusia – menandai kontras dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat itu, Beijing dan Moskow berusaha menjauhkan diri dari pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik Pyongyang.

Pyongyang Sediakan Senjata untuk Moskow?

Beberapa jam sebelumnya, Kim mengadakan resepsi dan makan siang dengan Shoigu, di mana pemimpin Korea Utara bersumpah solidaritas dengan rakyat Rusia dan militernya. Shoigu memuji militer Korea Utara sebagai yang terkuat di dunia, dan keduanya membahas kerja sama keamanan dan pertahanan strategis, kata KCNA.

Pada pertemuan lain, Shoigu membacakan pidato ucapan selamat dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang berterima kasih kepada Korea Utara atas dukungannya selama "operasi militer khusus" di Ukraina, lapor media pemerintah.

Washington menuduh Pyongyang menyediakan senjata ke Rusia untuk upaya perangnya di Ukraina. Wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel mengatakan pada Kamis bahwa AS "sangat khawatir" tentang hubungan antara Moskow dan Pyongyang.

Pyongyang dan Moskow membantah melakukan transaksi senjata.

Parade tersebut mengikuti pertemuan antara Kim dan Shoigu minggu ini yang menunjukkan dukungan Korea Utara untuk invasi Rusia ke Ukraina dan menambah kecurigaan bahwa Korea Utara bersedia memasok senjata ke Rusia, yang upaya perangnya telah dikompromikan oleh masalah pengadaan pertahanan dan persediaan.

Media pemerintah Korea Utara juga menyoroti pesan yang dikirim oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, yang berterima kasih kepada Kim karena "mendukung dengan tegas" upaya perangnya di Ukraina. Putin mengatakan bahwa kepentingan antara Moskow dan Pyongyang sejalan karena mereka melawan "kolektif Barat dalam kebijakannya untuk menghalangi pembentukan tatanan dunia yang benar-benar multipolar dan adil," menurut versi surat Kremlin.

Pawai tersebut mengakhiri perayaan Korea Utara untuk peringatan 70 tahun gencatan senjata yang menghentikan pertempuran dalam Perang Korea 1950-53. Korea Utara, yang memicu perang dengan serangan mendadak di Selatan pada Juni 1950, didukung oleh pasukan Cina dan angkatan udara Soviet saat itu.

Korea Selatan, Amerika Serikat, dan pasukan dari negara lain di bawah naungan PBB berjuang untuk mendorong kembali invasi.

Gencatan senjata Juli 1953 tidak pernah diganti dengan perjanjian damai, meninggalkan Semenanjung Korea dalam keadaan teknis perang, tetapi Korea Utara masih melihatnya sebagai kemenangan dalam "Perang Pembebasan Tanah Air Besar". (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel