-->

Edgars Rinkevics Dilantik Sebagai Presiden Latvia


RIGA, LELEMUKU.COM - Latvia melantik Edgars Rinkevics sebagai presiden pada Sabtu, 8 Juli 2023. Ia menjadi kepala negara pertama di Uni Eropa yang secara publik mengaku sebagai gay.

Dalam pidato pengukuhannya Rinkevics, 49 tahun, berjanji membela Latvia yang modern dan kuat. Ia ingin memperjuangkan Latvia yang adil, demi kesejahteraan dan menciptakan ruang bagi yang inklusif dan terhormat bagi masyarakatnya.

"Hak setiap orang harus dihormati dan dilindungi sesuai dengan nilai dan standar hak asasi manusia tertinggi,” katanya yang terpilih pada pemilihan Mei lalu.

Rinkevics, 49 tahun, adalah presiden ketujuh Latvia. Negara itu berpenduduk 1,8 juta jiwa – telah menjadi anggota Uni Eropa dan NATO sejak memperoleh kembali kemerdekaannya pada 1991.

Selama pelantikannya, Rinkevics, juga berjanji untuk melanjutkan dukungan Latvia untuk "rakyat Ukraina yang heroik". Menurutnya kebijakan luar negeri negara itu akan terus berada di jalur yang tepat.

Rinkevics menjabat sebagai menteri luar negeri sejak 2011. Ia  melalui Twitter pada 2014 mengakui kepada publik bahwa dia dengan bangga mengumumkan sebagai seorang gay.

Saat itu dia berjanji untuk memperjuangkan kaum gay agar memiliki hak hubungan yang setara. Pernikahan sesama jenis tidak sah di Latvia, tetapi kemitraan sipil telah tersedia bagi pasangan gay sejak tahun lalu.

Kepresidenan Latvia sebagian besar merupakan jabatan seremonial. Kepala negara bertindak terutama sebagai pemimpin opini dan tokoh pemersatu di negara tersebut.

Tanggung jawab presiden termasuk mewakili Latvia di luar negeri, bertindak sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata, menandatangani undang-undang, dan mencalonkan perdana menteri.

Uni Eropa telah memilih pemimpin gay secara terbuka sebagai kepala pemerintahan sebelumnya - termasuk Leo Varadkar dari Irlandia - tetapi tidak pernah menjadi kepala negara gay.

Banyak negara memiliki dua orang yang melakukan peran sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan - di Inggris Raya, misalnya Raja Charles III adalah kepala negara sementara Perdana Menteri Rishi Sunak sebagai kepala pemerintahan. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel