-->

Syafrin Liputo Sebut Uji Coba Bus Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Gratis Mulai 4 Juli


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan uji coba bus Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai pada 4 Juli 2023. Dia memastikan, selama uji coba, penumpang bus tak dikenakan tarif alias gratis.

"Untuk uji coba, tarifnya masih free," kata dia saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Juni 2023.

Bus bandara ini akan berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat menuju Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura II di Tangerang, Banten. Uji coba, tutur Syafrin, dimulai pukul 07.30 WIB setiap harinya selama satu bulan.

Waktu tempuh dari Kalideres-Bandara Soetta diperkirakan maksimal 45 menit untuk sekali perjalanan dan 90 menit pulang-pergi. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengoperasikan 4-5 bus tipe low deck.

"Rencana akan ada dua waktu layanan, pertama pukul 06.00-09.00 WIB. Kedua pukul 18.00 sampai 21.00 WIB," ucap Syafrin.

Harapannya, dengan uji coba ini, Dishub DKI bakal memperoleh gambaran utuh yang mencakup karakteristik perjalanan penumpang hingga operasional. Syafrin berharap, pihaknya sudah mendapatkan hasil kajian final yang komprehensif pada dua pekan terakhir Juli. "Besaran tarif nanti akan ditentukan," ujar dia.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengusulkan agar bus Transjakarta melayani rute dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Usulan pembukaan rute pada jam-jam tertentu itu guna melayani mobilitas karyawan yang bekerja di bandara.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan jumlah pekerja di Bandara Soetta saat ini mencapai berkisar 40-50 ribu orang. Mereka bekerja di berbagai instansi, seperti AP II, maskapai, ground handling, instansi pemerintahan, tenant komersial, dan sebagainya.

"Setiap harinya, para pekerja ini bermobilitas dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Apabila ada bus Transjakarta, maka dapat memberikan lebih banyak pilihan moda transportasi bagi pekerja bandara," kata Awaluddin melalui keterangan tertulis, Senin, 29 Mei 2023 seperti dilansir dari ANTARA.

Usul tersebut sudah disampaikan pada saat rapat koordinasi antara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, membahas integrasi moda transportasi di Bandara Soetta. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel